JKT48 Resmi Akhiri Aturan Anti Cinta

Jakarta - Aturan Anti Cinta atau Renai Kinshi Jourei (RKJ) adalah setlist yang dibawakan oleh tim J JKT48 dalam setahun terakhir. Sabtu (28/12) malam kemarin, setlist ini memasuki show terakhirnya.

RKJ adalah setlist kedua tim J setelah Pajama Drive. Setlist ini pertama kali ditampilkan oleh Nabilah dan kawan-kawan pada tanggal 26 Desember 2012.


"Pas bawain RKJ, ngerasa satu langkah lebih maju dari Pajama. Kita belajar agar show yang terus menerus itu nggak bikin bosen," kata Beby, di teater JKT48, Plaza FX, Jakarta, Sabtu (28/12/2013) malam.


Menurut Beby, di RKJ member ditantang bagaimana caranya agar berhasil menyampaikan maksud dari sebuah lagu ke penonton. Ada banyak lagu mellow yang harus dibawakan dengan penghayatan yang baik.


"Di RKJ nari itu nggak cuma nari, nyanyi itu nggak cuma nari, gimana caranya penonton bisa bawain dan ngerti lagu-lagunya. Pokoknya aku seneng banget sama setlist RKJ ini," ungkap member asal Bandung itu.


Suasana haru mewarnai gelaran terakhir setlist berisi 16 lagu itu. Shania misalnya, ia sempat tak mampu menahan jatuh air matanya. RKJ telah memberi begitu banyak pelajaran bagi member 15 tahun itu.


"Terima kasih banget buat setlist RKJ ini yang udah ngajarin banyak pelajaran buat aku gimana caranya untuk kompak, gimana caranya untuk selalu solid," tuturnya.


Ke depan, tim J akan segera membawakan setlist baru mereka yaitu Dareka no Tame Ni. Namun belum diketahui kapan setlist yang pernah dibawakan oleh tim A AKB48 itu resmi dilaunching.


(rna/nu2)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!