Lukisan Mozaik Menangkan Penghargaan Bergengsi di Ukraina

Jakarta - Seniman mozaik asal Ukraina yang juga pematung, Zhanna Kadyrova memenangkan penghargaan seni bergengsi, Pinchuk Art Centre. Penghargaan dua tahunan itu didapatinya dari karyanya yang berjudul 'Monumental Propaganda'.

Karyanya akan dipamerkan bersama 20 seniman lainnya di Kiev Gallery pada 5 Januari 2014 mendatang. Kandyrova mendapatkan hadiah utama sebesar U$12.500 atau sekitar Rp 153 Juta.


Serta residensi satu bulan di studio seniman terkenal milik Antony Gormley dan Olafur Eliasson. Uniknya, kemenangan yang didapatkan Kadyrova ini dapat membuka peluang para seniman muda guna dapatkan penghargaan.


Penghargaan ini bukanlah yang pertama baginya. Tahun lal, seniman tersebut mendapatkan penghargaan seni bergengsi lainnya yakni Kazimir Melevich Artist Award. Serta mewakili negara di Venive Biennale.


Hasil karyanya ini menggambarkan sesosok pria membawa botol parfum dan dikelilingi oleh dua wanita seksi. Di sana juga terdapat gambar kembang api.


(tia/utw)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!