Fotografer Associated Press Dinobatkan Jadi 'Fotografer Instagram Tahun Ini'

Jakarta - Fotografer dari Associated Press, David Guttenfelder terpilih menjadi 'fotografer instagram tahun ini' versi TIME. Ia fotografer veteran yang telah memenangkan tujuh kali World Press Photo Award, meliput perang dan bencana alam lebih dari 75 negara.

Namun, di tahun ini ia menjadi salah satu fotografer asing pertama yang diberikan izin bekerja di Korea Utara. Serta menampilkan beberapa foto yang paling intim tentang negara tersebut.


"Tempat ini tidak seperti Anda memotret gambar yang bagus dan sangat mudah," kata Guttenfelder seperti dilansir dari Daily Mail.


Namun, kata dia, ketika dirinya menambahkan potongan-potongan tersebut, hal menarik muncul. Ia berhasil menggambarkan foto dari rezim totaliter dengan cara yang baik.


Seperti sebuah foto yang diambilnya pada Maret lalu dengan iPhone miliknya dan dipublikasikan ke instagram. Foto yang diambilnya di Pyongyang ini menunjukkan bangunan apartemen yang menjulang tinggi dan di bawahnya terdapat taman kanak-kanak yang tidak digunakan.


Foto lainnya diambilnya di Sekolah Pyongyang ketika pelajaran menggambar. Ada satu anak yang justru menggambar tengkorak padahal model patung di depan mereka ada banyak dari Dinasti Kim yang pernah berkuasa.


Selain itu, juga ada foto yang diambilnya April 2013, tentang seorang wanita Korea Utara memakai sepatu berkilauan perak dengan pakaian tradisional yang berwarna warni di Pyongyang.


Serta anak-anak sekolah Korea Utara yang sedang bermain dengan kameranya di depan Patung Kim Il Sung dan Kim Jong II. Pada Januari 2013, untuk pertama kalinya wisatawan asing diijinkan membawa telepon seluler.


(tia/utw)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!