Foto Misteri di Hutan Eropa yang Bikin Merinding

Jakarta - Ternyata tak hanya di Asia yang suka menggali soal misteri dan hal-hal yang bersentuhan dengan klenik. Seorang fotografer asal Cologne, Jerman, Kilian Schonberger, coba menceritakan misteri dalam hutan lewat seri fotografinya.

Proyek foto yang dinamakan Brothers Grimm's Homeland ini menggambarkan bagaimana hutan yang berada di kawasan Eropa tengah pada era sekarang. Namun ini akan sangat jauh dari bayangan Anda selama ini. Melihat seri foto dari Kilian, bisa membikin bulu kuduk berdiri tak karuan.


Meski diambil pada era sekarang, foto ini sangat nampak klasik dan seolah tak tersentuh selama berabad-abad. Penuh asap, tampak dingin membeku dan ditambah bangunan rumah yang sudah terlantar.


Kilian sendiri menjelaskan bahwa ia tumbuh di dataran yang berkabut dan ini menjadi salah satu sumber inspirasi dari karya fotografinya. Warna yang ia tawarkan pada umumnya gelap.


Sangat mudah tentu saja untuk mengaitkan fotonya dengan kisah khayalan dari novel klasik yang penuh misteri. Namun uniknya, ternyata pilihan warna pada karya Kilian adalah karena ia mengidap buta warna.


"Menurutku buta warna, dengan tak bisa bedakan magenta dengan abu-abu atau ungu dengan biru, bisa menjadi keuntungan tersendiri. Terutama pada proyek foto yang mengambil tempat di hutan," ujar Kilian, dilansir dari Huffington Post (10/01/2014).


"Saya jadinya hanya perlu berkonsentrasi pada struktur dari komposisi foto yang bagus, bukan memilah warna. Lagipula aku berpikir bahwa struktur lebih penting dibandingkan dengan warna untuk dapatkan foto yang menarik."


(ass/utw)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!