Lukisan Mickey Mouse ala Damien Hirst Untuk Pengumpulan Dana Kemanusiaan

Jakarta - Seniman Inggris, Damien Hirst dalam berkarya memang gemar menciptakan karya yang spektakular dan kadang unik.

Beberapa waktu lalu dia membuat kreasi portret Mickey Mouse untuk dilelang dalam penggalangan dana. Tentu saja dia tidak mencontoh langsung bentuk si Mickey. Namun seniman asal Inggris itu menginterpretasi ulang kartun Walt Disney yang universal itu.


Lelangnya sendiri akan dilakukan pada bulan Februari mendatang. Dana yang terkumpul, nantinya akan disumbangkan untuk anak-anak yang membutuhkan melalui Kids Company Charity.


Bukan Hirst saja yang terbetik idenya untuk menginterpretasikan Mickey Mouse. Sepanjang zaman sederet seniman lain juga melakukannya. Misalnya Roy Lichtenstein yang pertama menggunakan sosok si tikus dalam karya pop artnya, sebuah lukisan yang berjudul Look Mickey.


Sementara itu di tangan Andi Warhol, sosok Mickey Mouse dijadikan serial mitologi. Mickey Mouse juga muncul di salah satu karya seniman Claes Oldenburg.


Lukisan Hirsch yang berukuran panjang hampir dua meter itu dibuat diatas kanvas dengan cat yang mengkilat. Rencananya semua lukisan ini akan dilelang pada acara Christie's Post-War and Contemporary Art Evening Auction.


Hirst sendiri telah lama menjadi pendukung lembaga pengumpulan dana yang memberikan bantuan kepada anak-anak kurang beruntung itu .


"Mickey Mouse selalu menjadi perwakilan atas kebahagiaaan dan keceriaan anak-anak. Yang aku lakukan hanya menurunkan elemen dasar tubuh Mickey, jadi hanya beberapa bulatan," kata Hirst seperti dilansir The Telegraph.


"Aku berharap orang akan menyukainya karena, sebenarnya masih bisa dikenali. Mickey sendiri sudah sangat universal dan ikon yang kuat."


(utw/utw)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!