Buku Bertanda Tangan Hitler Laku Dilelang Hingga Rp 752 Juta

http://us.images.detik.com/content/2014/03/02/1059/hitler2.jpg(dok. The Telegraph)


Jakarta - Buku dengan tanda tangan asli penulisnya pastilah lebih berharga. Apalagi jika si penulis adalah sosok terkenal. Tak peduli apakah si penulis dikenal karena kebaikannya atau karena keburukannya.

Buku Mein Kampf salah satunya. Dua salinan buku yang ditandatangani langsung oleh Adolf Hitler beberapa waktu lalu laku dilelang hingga mencapai $64,850 atau sekitar Rp 752 juta seperti dilansir dari The Telegraph.


Harga ini adalah tiga kali lipat dibanding harga taksiran awal. Buku berisi manifesto masa depan Jerman itu terjual setelah ada 11 peminat. Semula buku itu hanya ditaksir hanya bakal laku antara $20,000 dan $25,000.


Dua buku itu adalah cetakan original yang masing-masing dicetak pada tahun 1925 dan 1926. Dalam sejarahnya buku diberikan Hitler khusus untuk anggota partai Nazi angkatan pertama, tepatnya anggota ke 34 bernama Josef Bauer.


Bauer adalah salah seorang pemimpin Beer Hall Putsch, badan yang memimpin dengan tujuan memuluskan niat Hitler menggulingkan pemerintahan Bavarian. Dalam pesannya di buku itu, Hitler menyebut Bauer sebagai pemimpin masa depan SS. Diduga Hitler memberikan buku itu pada Bauer sebagai hadiah Natal.



Bersamaan dengan buku itu dilelang pula jaket yang merupakan milik Albert Speer, seorang Menteri di masa Nazi berkuasa. Speer adalah seorang arsitek kepercayaan Hitler dan menjadi bagian lingkar dalam pergaulan Hitler. Jaket kulit itu terjual senilai $10,068 atau sekitar Rp 116 juta. Jaket ini konon dipakai Speer ketika pertama kali bertemu dengan Hitler pada 23 April 1945.


Selain ada label nama Speer di bagian dalam jaket juga ada emblem elang NSDAP sebagai tanda pemiliknya adalah anggota elit Nazi. Ada sebuah foto dan film dokumentasi dari Perang Dunia II yang menunjukkan Speer menggunakan jaket itu.


Setelah Perang Dunia II, Speer didakwa melakukan kejahatan perang di Pengadilan NUremberg dan dipenjara hingga 1966. Speer meninggal tahun 1983.


(utw/utw)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!