RAN Nostalgia Lewat Tembang Lawas di Java Jazz 2014

Jakarta - Tampil sejak 2008 sampai hari ini, grup musik RAN tidak mau begitu-begitu saja di pagelaran Java Jazz. Di tahun keenamnya mengisi Java Jazz Festival 2014 hari pertama, Jumat (28/2/2014), RAN menyuguhkan memori nostalgia dengan tembang lawas.

Bertempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (28/2/2014), Rayi, Asta dan Nino menggoyang para 'jazzer' muda. Lebih dulu single 'Fly Away' milik mereka menjadi pembuka.


Mengusung konsep full band, lengkap dengan 'brass section' dan 'latin percussion', lagu-lagu seperti 'Mencuri Hati' dan 'Begitu Saja' keluar dengan irama pop jazz. Termasuk lagu terbarunya 'Kita Bisa'. Dan babak nostalgia pun dimulai.


Lagu milik KLa Project menjadi pembukanya. Hits di tahun akhir 80-an berjudul 'Tentang Kita' itu segar dengan aransemen ala RAN.


Kejutan dimulai, ketika nada 'Kulakukan Semua Untukmu' milik Fatur mengalun. Bukan sekedar menyanyikannya sendiri, RAN ternyata mengajak sang pemilik lagu, Fatur. Dan kehadiran Fatur pun memberikan histeria di panggung 'BNI Stage' di Kawasan JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.


Terakhir, Mario dari Kahitna naik tanpa aba-aba. Bersama Rayi dan Nino, ketiganya mengenang hits cinta penuh pengharapan berjudul 'Andai Dia Tahu'. Penonton bernyanyi panjang.


Meskipun sesi tersebut berakhir, bukan berarti RAN berhenti bernostalgia. Hits milik sendiri seperti 'Tunjukkan Cintamu', 'Nothing Last Forever' dan 'Pandangan Pertama' telak menghanyutkan. Disambungkan 'Sepada' dan 'Hanya Untukmu' RAN menyempurnakan penampilannya.


Sedangkan di panggung 'Garuda Indonesia', Joy Tobing berhasil membakan lagu-lagu hits miliknya. Tak cuma itu, lagu lawas 'Merpati Putih' milik Erros Djarot dibawakan merdu dengan iringan piano dari mantan Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan.


Di panggung utama, 'Clear Hall', musisi jazz asal Jepang yang juga langganan festival jazz Indonesia, Sadao Watanabe, langgeng menghangat pesta musik jazz terbesar hari ini.


Setelah ini, Dewa Budjana, Gilang Ramadhan, Bubugiri dan Sierra Soetedjo menyambung gelaran Java Jazz Festival ke-10. Tidak berhenti di situ, Joao Sabia (Brasil), Allen Stone, Earth Wind & Fire Experience hingga Jamie Cullum juga siap menghentak.


(hap/kmb)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!