'Random Access Memories': Daft Punk Lebih 'Manusiawi'

Jakarta - Daft Punk lebih dikenal dengan segala unsur unik dalam setiap karyanya. Unsur unik biasanya keluar dari 'eksperimen' mereka dengan segala unsur musik electro hingga house musik.

Tapi sedikit warna berbeda di album terbaru mereka 'Random Access Memories'. Duo asal Perancis itu terdengar lebih 'manusiawi'.


Album dimulai dengan lagu 'Give Life Back to Music', tentunya nuansa electro disco 80'an terasa sangat kental. Selain itu ada terdengar juga intrumen 'hidup' khususnya cabikan gitar dari Nile Rodgers yang mengisi dalam lagu tersebut.


Setelah itu ada lagu 'The Game of Love' yang mengalun dengan irama sedikit 'lemas' yang seperti membawa pendengar ke dimensi lain. Masuk ke track ketiga ada 'Giorgio by Moroder' dimana synthesizers begitu meraja rela dalam lagu ini.


Namun di akhir lagu tersebut masuk beberapa intrumen mulai dari gitar, drum dan bass yang justru menjadi 'nyawa' sendiri. Setelah itu, tiba-tiba muncul detingan piano yang membuka ke track selanjutnya 'Within'.


Masuk ke track lima ada 'Instant Crus' dimana ada sosok vokalis The Strokes, Julian Cassablanca yang 'ikut campur' dalam lagu tersebut. Masuknya Julian juga menjadi album tersebut lebih 'manusiawi'.


Selain Julian, juga ada Pharell Williams yang ikut serta dalam lagu 'Lose Yourself to Dance' dan 'Get Lucky'. Untuk lagu terakhir dipilih menjadi jagoan dalam album ini.


'Random Access Memories' memang menjadi penanti panjang bagi para penggemar duo Guy-Manuel de Homem-Christo dan Thomas Bangalter itu. Memang mereka terakhir menelurkan karya terbarunya pada 2005 lalu 'Human After All'.


Hingga sudah tak heran jika mereka langsung mencapai sukses lewat album yang didistribusikan di Indonesia lewat Sony Music Indonesia itu. 'Random Access Memories' sempat memuncaki Billboard 200 Chart.


Berikut tracklist lengkap album 'Random Access Memories':

1. Give Life Back to Music

2. The Game of Love

3. Giorgio by Moroder

4. Within

5. Instant Crush (featuring Julian Casablancas)

6. Lose Yourself to Dance (featuring Pharrell Williams)

7. Touch (featuring Paul Williams)

8. Get Lucky (featuring Pharrell Williams)

9. Beyond

10. Motherboard

11. Fragments of Time (featuring Todd Edwards)

12. Doin' It Right (featuring Panda Bear)

13. Contact


(fk/mmu)