Film '12 Years A Slave' Masuk Kurikulum SMA di Amerika

Jakarta - Metode belajar bisa dilakukan dengan cara apa saja, bahkan melalui pembahasan sebuah film berkualitas yang mengangkat fakta-fakta sejarah. Hal itu terbukti pada film '12 Years A Slave' yang saat ini sedang dalam proses untuk dijadikan mata pelajaran di sekolah.

Montel Williams, seorang pimpinan dari National School Boards Association (NSBA), melihat potensi film garapan Steve McQueen itu untuk diajarkan di Sekolah Mengengah Atas (SMA) di seluruh Amerika Serikat. Kisah nyata perbudakan di era 1800-an yang didramatisir dengan sempurna itu ternyata mampu menarik banyak fakta sejarah.


"Film tersebut salah satu film paling berdampak akhir-akhir ini. Saya merasa terhormat jika mampu membawanya untuk membantu meningkatkan pendidikan. Ketika Hollywood mampu menjadi yang terbaik, kenapa tidak dimanfaatkan sebagai alat pendidikan," ujar Montel Williams seperti dilansir oleh Aceshowbiz, Jumat (28/2/2014).


Montel melihat, perjuangan Salomon Northup untuk menegakkan martabatnya sebagai orang kulit hitam pantas dipelajari anak muda masa kini. Bagaimana dia harus bekerja sebagai budak, menjaga hubungan dengan tuannya sampai akhirnya Salomon merdeka.


"Ini adalah periode memalukan dari sejaraha Amerika dan dengan mempelajarinya dapat membangkitkan semangat para siswa untuk tidak mengulangi kejahatan masa lalu. '12 Years A Slave' menginspirasi siswa untuk bermimpi besar dan meraih masa depan yang lebih cerah. Aku bangga akan hal itu," sambung Montel Williams.


Sedangkan sang sutradara, Steve McQueen merespons niatan baik itu dengan gembira. Dirinya sejak awal sudah berharap bahwa '12 Years A Slave' dapat disebarluaskan ke anak-anak sekolah, terlebih lagi menjadi bagian dari kurikulum belajar siswa.


"Saya sangat berterimakasih kepada Montel Williams dan NSBA untuk membuat mimpi saya menjadi kenyataan, dan untuk berbagi kisah Salomon Northup kepada generasi saat ini," tutur sang sutradara bersyukur.


'12 Year A Slave' juga diunggulkan di ajang Academy Awards 2014. Film yang dibintagi oleh Mihcael Fassbender, Brad Pitt hingga Benedict Cumberbatch itu mendapatkan tujuh kategori bergengsi, termasuk 'Best Pictures', 'Best Film Editing' dan 'Best Adapted Screenplay'.


(hap/mmu)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!