Habiburrahman El Shirazy Diajari Jadi Sutradara oleh Chaerul Umam

Jakarta - Penulis novel 'Ketika Cinta Bertasbih' (KCB) Habiburrahman El Shirazy merasa mendapat pelajaran sebagai sutradara dari Chaerul Umam. Menurut El Shirazy, almarhum memberikan dukungan penuh ketika ia memberanikan diri mengarahkan film 'Dalam Mihrab Cinta.'

"Awalnya di KCB saya selalu di samping beliau. Beliau men-direct, kita suka diskusi. Akhirnya saya didorong untuk maju sendiri," tutur El Shirazy saat ditemui usai menghadiri pemakaman Chaerul di TPU Pondok Kopi, Jakarta Timur, Jumat (4/10/2013).


El Shirazy sudah beberapa kali kerja sama dengan Chaerul. Sutradara yang akrab disapa Mamang itu dinilainya sebagai sosok mentor yang tak pelit membagi ilmu.


"Beliau sangat profesional dan sangat membantu pemain. Kalau nggak paham akan dijelaskan," tambahnya.


Selain itu, ia mengenang Chaerul sebagai pribadi yang kuat memengang teguh pendiriannya, terutama menyangkut perihal budi pekerti. "Jika terkait dengan kebenaran, beliau sangat kuat pertahankan itu," ucapnya kagum.


Chaerul Umam yang meninggal pada usia 70 tahun itu memang meninggalkan kesan baik dari para kerabat dan rekan-rekannya di industri film. Selamat jalan, Mamang!


(wes/ich)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!