Dewi Sandra Perankan Bule Mualaf di '99 Cahaya di Langit Eropa'

Jakarta - "Ashadu ala ilahaillah wa'ashadu anna muhammadarrasulullah," dua kalimat syahadat itu diucapkan Dewi Sandra dengan terbata-bata dalam sebuah pengambilan gambar adegan di film '99 Cahaya di Langit Eropa'. Dewi berperan sebagai bule Prancis yang baru saja memeluk islam.

"Saya memerankan Marion," ucap Dewi ramah kepada detikHOT di sela-sela syuting di Wina, Austria.


Marion adalah bule Prancis yang memeluk Islam setelah mempelajari agama tersebut melalui literatur, pengamatan budaya Islam dari benda seni dan sejarah. Karakternya akan banyak bersinggungan dengan Hanum (Acha Septriasa) dengan latar kota Paris yang cantik.


Dalam film, Hanum diceritakan menemukan keping-keping peninggalan Islam dalam benda-benda seni bersejarah di Museum Louvre, Prancis. Nah, peran Marion ini selain menjadi tour guide, juga memberikan pengetahuan baru kepada Hanum.


"Kayak benda seni bernilai tinggi yang sebenarnya tanpa disadari mengandung unsur kebudayaan Islam seperti kaligrafi, dan sebagainya," tambah Dewi.


Hanum mengenal Marion atas rekomendasi seorang imam Mesjid di Wina, Austria, saat melakukan perjalanan menapaki sejarah Islam di negara sekuler tersebut. Penemuan-penemuannya menuntun pada pengetahuan baru akan sebuah tempat dan cerita sejarah yang tak dibayangkan Hanum sebelumnya.


Saat ini Dewi masih melakukan pengambilan gambar di Paris setelah sebelumnya menyambangi Wina. Tim produksi akan melanjutkan pengambilan gambar di Cordoba, Spanyol, dimana Islam sempat berjaya di masa lalu.


Keping-keping kejayaan Islam itu sendiri bisa dilihat melalui benda-benda kesenian dengan ukiran kaligrafi, serta sebuah mesjid yang kini sudah diubah menjadi katedral.


'99 Cahaya di Langit Eropa' merupakan film produksi Maxima Pictures dengan sutradara Guntur Soeharjanto (Tampan Tailor, Crazy Love, Brandal Brandal Ciliwung). Film yang rencananya akan dibuat dua bagian itu akan tayang perdana pada 5 Desember mendatang.


(ich/mmu)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!