Chaerul Umam Diantarkan ke Peristirahatan Terakhir

Jakarta - Sutradara Chaerul Umam hari ini dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Puluhan angoota keluarga, kerabat dan sahabat mengantarkan jenazah almarhum dengan diliputi suasana haru.

Ada beberapa artis yang turut menghadiri pemakaman sutradara yang akrab disapa Mamang itu, seperti Jajang C Noer serta sejumlah pemain sinetron 'Tukang Bubur Naik Haji'.


Tepat pukul 13.30 WIB rombongan yang membawa jenazah dari kantor pusat PP Muhamadiyah di Jakarta Pusat langsung membaringkan jenazah ke tempat peristirahatan terakhir. Sang istri, Nunuk terlihat nampak ikhlas dan tabah menghantarkan sang suami.


Sebelumnya, Chaerul Umam terlebih dahulu disalatkan di kantor pusat PP Muhamadiyah di Jalan Menteng Raya usai salat Jumat. Salat jenazah berjalan dengan khusyuk dengan dipimpin ketua Muhammadiyah, Din Syamsyudin.


"Almarhum tokoh dan pejuang ketua seni dan budaya Muhammadiyah. Bersama seniman dan budayawan nasional. Bagi Muhammadiyah menjadi sosok dan teladan, di tengah seni dan budaya indonesia yang tuna nilai, kehadiran beliau sangat diperlukan," ucap Din saat ditemui di kantor pusat PP Muhamadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (4/10/2013).


Tak hanya Din Syamsudin saja yang menyalatkan jenazah, tapi juga ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Khalil Ridwan. "Ketika membuat KCB saya peringatkan beliau, ketika akhir hayat jangan mengotori dengan film yang tidak berkahlak," ucapnya.


(ich/mmu)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!