Chaerul Umam di Mata Para Artis Didikannya

Jakarta - Sutradara Chaerul Umam merupakan mentor sekaligus figur ayah bagi para artis didikannya. Chaerul yang meninggal dunia pada usia 70 tahun, Kamis (3/10/2013), meninggalkan kesan baik untuk Oki Setiana Dewi dan Kholidi Asadil Alam.

Dua aktor itu adalah bintang utama di film 'Ketika Cinta Bertasbih'. Mereka diorbitkan Chaerul melalui serangkaian audisi dari berbagai daerah.


"Yang masih sangat diingat, dia selalu bilang adalah sifat yang egaliter. Saya menjadi seperti sekarang karena dia," ucap Kholidi saat ditemui di rumah duka.


Tidak ada dinding antara artis dan sutradara, itu yang dirasakan Kholidi selama bekerjasama dengan Chaerul. "Jadi sudah seperti keluarga. Dia dekat sama ibu dan abah saya," ucapnya lagi sambil menahan duka yang mendalam.


Sementara bagi Oki, almarhum selalu memperhatikan detail kecil dalam film, yang membuat para artis juga makin nyaman bekerja dengannya. "Tim pak Caherul Umam, nggak boleh (kenakan pakaian) terbuka, rokok, adegan sentuhan bukan muhrim. Sudah jadi rahasia umum. Artis yang sama pak Chaerul pasti mereka pakai baju panjang," kenangnya.


Chaerul akan dimakamkan usai salat Dzuhur pada Jumat, (4/10) di TPU Pondok Kelapa.


(wes/ich)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!