Hilangnya Fatma Akan Terjawab di '99 Cahaya di Langit Eropa Part 2'

Jakarta - Dalam film pertama '99 Cahaya di Langit Eropa', karakter Fatma yang diperankan Raline Shah sempat menghilang tanpa sebab. Puluhan surat elektronik dari Hanum (Acha Septriasa) tak berbalas. Ke mana ia sebenarnya?

Fatma adalah sosok yang menginspirasi Hanum dalam bersikap bijak sebagai muslim ketika hidup sebagai kaum minoritas di Austria. Selain sikapnya yang lembut dan cerdas, Fatma juga memberikan banyak pengetahuan baru pada Hanum tentang jejak-jejak peninggalan Islam di Eropa.


Nah, di film pertama arahan sutradara Guntur Soeharjanto itu, karakter Fatma sempat menghilang. Padahal, Hanum memiliki banyak rencana untuk menelusuri peninggalan Islam di negara-negara lain seperti Cordoba, Spanyol dan Istanbul, Turki.


Menghilangnya Fatma bersama Ayse (Geccha Tavvara), menjadi pertanyaan yang tak terjawab bagi Hanum. Ia hanya mendapatkan sedikit petunjuk bahwa mereka kembali ke negaranya. Ayse sakit kanker.


"Di film kedua ini ceritanya lebih dramatis," kata Raline usai press screening di Epicentrum Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (4/3/2014) malam.


Usai mengeksplorasi keindahan Wina dan Paris serta jejak peninggalan Islam di sana, Hanum dan Rangga (Abimana Aryasatya) melanjutkan perjalanan mereka dengan mengunjungi Mezquita, katedral yang dulunya mesjid di Cordoba Spanyol.


Penonton juga akan disuguhi keindahan alam, bangunan-bangunan khas Eropa, termasuk kebudayaannya lewat mata kamera Director of Photography Enggar Budiono. Di Turki, kita Hanum dan Rangga menjelajahi Hagia Sophia, bangunan yang sempat menjadi mesjid indah dan sudah diubah menjadi museum saat pemerintahan Kemal Ataturk.


'99 Cahaya di Langit Eropa Part 2' mulai tayang di bioskop pada Kamis, (6/3/2014) mendatang.


(ich/mmu)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!