'Sang Kiai' Terpilih sebagai Film Terbaik FFI 2013

Jakarta - Kategori terakhir sekaligus yang paling bergengsi di Festival Film Indonesia 2013 baru saja diumumkan di Marina Convention Center, Semarang, Minggu (8/12/2013) dini hari. Film terpilih sebagai Film Terbaik FFI 2013.

Film tersebut unggul dari '5 Cm', 'Belenggu', 'Habibie & Ainun', 'Laura & Marsha', 'Sang Kiai'.


Peraihan Piala Citra terbanyak dimenangkan oleh 'Sang Kyai' dengan empat piala, diikuti 'Habibie & Ainun' yang memenangkan tiga piala dari 8 nominasi. Sementara 'Belenggu' membawa pulang dua piala dari 13 nominasi.


Tahun ini, FFI memperlombakan 53 judul film bioskop, 80 judul film dokumeneter pendek, 21 judul film dokumenter panjang, 119 judul film pendek, 75 judul film televisi, dan 93 judul film animasi pendek.


Jumlah film bioskop yang ikut diseleksi tahun ini lebih besar dari tahun 2012 dan 2011 yang masing-masing sebanyak 45 dan 41. Pada FFI kali ini pula untuk pertama kalinya diberikan penghargaan tertinggi untuk film animasi.


'Sang Kiai' juga akan menjadi perwakilan Indonesia untuk dikirimkan ke ajang Academy Awards 2014 untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik di Oscar 2014. Film ini mengangkat kisah seorang pejuang kemerdekaan sekaligus salah satu pendiri Nahdlatul Ulama dari Jombang, Jawa Timur yaitu KH Hasyim Asyari yang diperankan oleh Ikranagara.


Sang Kiai pertama dirilis pada 30 Mei 2013. Selain Ikranagara, film ini juga dibintangi oleh Christine Hakim, Agus Kuncoro dan Adipati Dolken yang juga memenangkan Piala Citra untuk Pemeran Pria Pendukung Terbaik.


(ich/ich)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!