Lee Hyori 'Miss Korea' vs 'Bad Girls'

Jakarta - Dua hits andalan penyanyi yang debut di tahun 1998 bersama grupnya Fin.K.L ini adalah 'Miss Korea' dan 'Bad Girls'. Dirilis dalam jarak waktu yang berdekatan, dua lagu dengan genre yang cukup bertolak belakang ini sukses di tangga lagu Korea saat perilisan. Lagu 'Bad Girls' bahkan tercatat pernah memenangkan 'Music Bank KChart' dalam acara 'KBS Music Bank'.

Track 'Miss Korea' menyuguhkan nuansa klasik yang akan membawa kesan jazzy ketika didengarkan. Hyori sukses membawa pendengarnya untuk flashback ke lagu-lagu tahun 50-an dan tentu saja mengingatkan fans akan lagu-lagunya dari album yang terdahulu. Lagu 'Miss Korea' diciptakannya sendiri sehingga terdengar sangat pas dengan range vokalnya yang seksi di nada-nada rendah. Suara rendah Hyori terdengar harmonis dengan instrumen perkusi, drum, bass dan gitar elektrik.


'Miss Korea' bercerita tentang fenomena pemilihan ratu kecantikan di Korea Selatan. Hyori terlihat ingin menyampaikan pesan kepada para penikmat musiknya bahwa dengan menjadi ratu kecantikan, tidak akan membuat seseorang bisa melakukan apapun yang diinginkannya. Selain itu, mereka terlihat mewah juga karena menggunakan produk desainer terkenal. Di balik semua itu, Hyori menjelaskan dalam lirik lagunya, kehidupan para 'Miss Korea' ini sebenarnya penuh dengan kekhawatiran akan banyak hal. Di akhir lagu Hyori menambahkan, pandangan orang lain terhadap diri seseorang (wanita) tidaklah penting. Dia menekankan, menjadi diri sendiri adalah yang terbaik.


Video musik 'Miss Korea' dibuat bernuansa hitam putih sesuai dengan judul album kelima Hyori 'Monochrome'. Ketika menyaksikan video musik ini, kita mungkin akan langsung membayangkan video musik 'Vouge' milik Madonna, 'Single Ladies' milik Beyonce ataupun 'Be My Baby' yang dinyanyikan Wonder Girls. Dalam video musiknya, Hyori memvisualisasikan lirik-lirik dalam lagu 'Miss Korea' ini. Misalnya, penggambaran bahwa para 'Miss Korea' hanya terlihat keren dengan tas bermerek dengan shoot Hyori menarik tas super besar bertuliskan merek-merek ternama dunia, ataupun penggambaran 'Miss Korea' yang melakukan operasi plastik dengan shoot Hyori sedang duduk di sebuah ruang praktek operasi lengkap dengan dokter bedah plastiknya.


Lagu 'Bad Girls' terasa jauh berbeda jika didengarkan setelah 'Miss Korea'. Bisa dikatakan lagu ini lebih bernuansa KPop saat ini. Meskipun demikian, lagu yang diciptakan oleh Dsign Music yang juga menciptakan lagu 'I Got A Boy' milik Girls' Generation dan yang terbaru 'Wolf' milik EXO ini terasa pas dinyanyikan oleh Hyori. Nuansa pop dance sangat terasa di lagu ini, tak heran penampilan seksi Hyori dan para penarinya di 'SBS Inkigayo' maupun 'KBS Music Bank' memukau banyak mata.


Hyori menulis sendiri lirik lagu 'Bad Girls' yang menceritakan tentang seorang tough girl meskipun orang-orang kerap kali memandang rendah dirinya. Dalam video musiknya, Hyori menggambarkan gadis ini sebagai seseorang yang memberontak namun bukan tanpa alasan. Tough girl dalam video musik ini digambarkan berani melawan ketika merasa dilecehkan, berani menunjukkan bahwa dia kuat walaupun dari luar terlihat agak aneh dan lemah.


Irama dan lirik yang catchy serta musik yang dance yang menghentak jelas menjadi daya tarik tersendiri bagi hits 'Bad Girls'. Ditambah pesona Lee Hyori yang selama ini memang telah menjadi idola bagi banyak orang di Korea membuat hits ini sempat duduk di posisi satu chart 'Billboard Korea KPop Hot 100'.


'Miss Korea' dan 'Bad Girls' memang dua lagu dengan genre yang berbeda namun masing-masing memiliki daya tarik tersendiri. Mana yang lebih kamu sukai?


(ich/ich)