Gara-gara 'Soekarno', Hanung Bramantyo Egois pada Anak-Istri

Jakarta - Risiko jauh dari keluarga saat produksi film mungkin sudah biasa bagi sutradara Hanung Bramantyo. Namun, untuk syuting film 'Soekarno' kali ini, ia punya cerita lain yang tak biasa.

"Biasanya saya kalau lagi ada break mau menyempatkan diri untuk pulang ke Jakarta, tapi ini nggak. Semuanya saya pindahkan di sini," ucap Hanung ketika ditemui di lokasi syuting "Soekarno' yang sedang mengambil tempat di Ambarawa, Jawa Tengah, Rabu (12/6/2013).


Suami Zaskia Adya Mecca itu mengaku rela mengeluarkan biaya lebih agar anak-anak dan istrinya yang menghampiri dirinya ke lokasi syuting untuk bertemu. Egois?


"Karena saya mau fokus. Kemarin saja saya tinggal sebentar ngerjain (film) '2014', eh udah harus banyak adegan yang diulang," sahutnya.


"Bahkan kemarin Bumi (anak pertama Hanung) ngambil raport saja saya harus nanya sama Zaskia berapa nilainya. Ulang tahunnya Bumi saja saya bilang sama dia kalau dia saja yang ke sini," terangnya. Ada kegetiran dari suara Hanung meskipun ia mengucapkannya dengan santai.


Mengerjakan produksi film dengan skala besar yang memiliki nilai sejarah tinggi merupakan tantangan sekaligus beban berat yang harus dipikulnya. Oleh karena itu, Hanung menyiapkan kru yang sudah pernah bekerjasama dengannya sebelumnya agar lebih mudah berkoordinasi.


"Sebisa mungkin saya menghindari stres. Saya mencoba untuk tidak terganggu, yang terganggu istri saya. Istri dan anak tidak bisa memiliki saya," ujarnya.


Sutradara berusia 37 tahun itu pun meminimalisasikan rasa kangennya pada orang-orang di rumah dengan suasana yang ia ciptakan di lokasi syuting. Keakraban para pemain, kru, dan sutradara sudah menjadi rumah kedua baginya.


(ich/mmu)