'Belenggu' Raih 13 Nominasi FFI 2013

Jakarta - Film 'Belenggu' karya sutradara Upi berhasil meraih nominasi terbanyak dalam ajang Festival Film Indonesia 2013. Film tersebut unggul dari 'Habibie Ainun' yang mendapat 8 nominasi.

'Belenggu' yang diproduksi Falcon Pictures itu berhasil mendapat nominasi di kategori-kategori bergengsi seperti Film Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, dan Sutradara Terbaik.


Untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik, dewan juri FFI 2013 yang diketuai Slamet Rahardjo memasukan nama Laudya Chintya Bella dan Imelda Therine untuk bersaing dengan Laura Basuki (Madre), Happy Salma (Air Mata Terakhir Bunda) dan Adinia Wirasti (Laura & Marsha).


Selain itu, Upi juga masuk nominasi untuk kategori Penulis Cerita Asli Terbaik dan Penulis Skenario Terbaik. ‘Belenggu’ juga mendapatkan nominasi untuk kategori Penata Busana Terbaik, Penata Musik Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Artistik Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik.


'Belenggu' bercerita tentang tragedi pembunuhan di sebuah kota kecil. Elang (Abimana Aryasatya) seringkali dihantui gambaran buruk tentang pembunuhan aneh yang dilakukan oleh seseorang berkostum kelinci.


Elang yang pendiam dan jarang bergaul, merasa kelinci tersebut adalah dalang dari semua pembunuhan yang terjadi. Di tengah kegundahan yang merasuki pikirannya, muncul karakter-karakter lain yang menuntun Elang pada suatu jawaban.


Butuh waktu 8 tahun bagi sutradara Upi untuk merealisasikan impiannya membuat film thriller. 'Belenggu' juga sempat terpilih menjadi official selection di Brussels International Fantastic Film Festival 2013, lolos seleksi untuk mengikuti kompetisi di Puchon International Fantastic Film Festival (Pifan) 2012 di Korea Selatan dan diputar di Far East Film Festival 2013 di Italia.


(ich/fk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!