Menyedihkan, Ruang Arsip Poster Film Sinematek Ada Di Pojokan Basement

Jakarta - Ruang itu hanya seluas 4 x 7 meter. Di dalamnya hanya ada dua buah lampu dan rak-rak berisikan poster film berlapis plastik. Padahal, di sinilah harta karun perfilman Indonesia berada.

Terdapat ribuan poster yang tak dipajang. Beberapa di antaranya poster tua dan terkenal ada yang dibingkaikan di sekitar ruangan. Meski ada perawatan berkala, masih terlihat debu bertebaran.


"Ruangan ini sudah berusia 16 tahun. Maklum saja sudah tua dan dana juga serba pas-pasan," kata penjaga arsip poster film Sinematek Indonesia, Sandas kepada detikHOT, Rabu (20/11/2013) lalu.


Ia menjelaskan jika pencahayaan ruangan memang sengaja dibuat remang-remang. Pasalnya, kelembaban bakal berpengaruh terhadap kualitas kertas.


"Tapi, semuanya minimal sudah kita kasih plastik. Saat saya masuk kerja 1997 sudah begini keadaannya. Ada juga poster-poster kecil yang digantung," ujarnya.


Di dalam ruangan itu juga terdapat berbagai macam poster film dari berbagai ukuran dan genre. Seperti window sheet yakni yang ditempel di kaca bioskop. Kedua, poster one sheet yang berarti poster yang ditempel di dinding bioskop.


Ketiga, programa yakni poster kecil seukuran kertas A4 dan digantung laiknya map gantung. Keempat, negatif film. Terakhir, pemberitaan di media massa mengenai poster film.


Sandas menjelaskan jika di ruangan ini selalu diberikan kamper agar tak ada kecoa di dalamnya. Namun, masih tetap terlihat usang dan banyak poster tak terurus. Untungnya, sudah ada 3.500 poster film yang sudah discan atau digitalisasi. Serta disimpan ke dalam data komputer Sinematek.


"Baru segini yang kami scan. Sebenarnya masih banyak poster yang kami belum scan. Sedikit demi sedikit akan discan. Lalu masyarakat bisa mengaksesnya di situs kami," kata Sandas.


(tia/fip)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!