Surat Romantis dengan Seni Memotong Kertas

Jakarta - Ada keromantisan sendiri dari tradisi surat menyurat. Dari situ kita juga bisa menciptakan banyak kreasi dalam menulis atau melipat kertasnya.

Nah di dalam sebuah studio kecil di London Timur, ada seseorang yang mendalami kreasi surat-menyurat ini selama lebih dari 20 tahun. Ia adalah seniman bernama Rob Ryan, kreasinya membuat seni memotong kertas yang dikerjakan dengan tangan secara hati-hati.


Ia menulis surat yang puitis, untuk kembalikan romantisme tradisi surat menyurat yang semua tulisannya dibuat dengan guntingan yang apik. Salah satu kalimat dalam suratnya berkata, "Aku selalu mengatakan bahwa aku akan lakukan apapun untukmu, kini kau tahu bahwa aku serius."


Setiap surat yang ia buat ini, akan memakan banyak waktu, hingga berpekan-pekan. Tergantung pada tingkat kesulitan dari kekompleksan surat yang ia buat. Tak hanya menorehkan kata-kata indah dalam suratnya, seni mengguntingnya ini juga ia tuangkan dalam surat untuk membuat gambar-gambar yang indah.


Kini karyanya menjadi bagian dari buku bertajuk Paper Cut yang ditulis oleh Owen Gildersleeve. Meski ia sudah melakukan banyak kolaborasi dengan seniman dunia, sebagai seorang yang berkreasi dalam bidang seni menggunting kertas.


Rob menjelaskan bahwa dari seni memotong kertas, ia bisa mengadaptasi dan mengembangkannya ke medium lain seperti keramik, tekstil bahkan perhiasan.


"Seni memotong kertas ini aku coba adaptasikan ke banyak medium lainnya, seperti keramik, tekstil dan juga perhiasan," jelasnya dilansir dari situs pribadinya robryanstudio.com (17/05/2015).


"Figur yang aku buat dalam karyaku ini menggambarkan sebuah gambaran yang sentimental, kadang penuh duka, mengandung kejujuran sekaligus sesuatu yang satir."


(ass/doc)