Lukisan Gadis Aktivis Pakistan Malala Yousafzai Terjual Rp 942 Juta

Jakarta - Masih ingat dengan gadis aktivis asal Pakistan, Malala Yousafzai? Pada 9 Oktober 2012 silam, ia ditembak di kepala dan lehernya dalam upaya pembunuhan oleh kelompok bersenjata Taliban ketika pulang dari sekolahnya.

Malala dikenal sebagai aktivisi pembela pendidikan dan perempuan di Palestina. Kini lukisan cat minyak bergambar potret dirinya karya Jonathan Yeo terjual seharga Rp 942 juta.


Awalnya, karya seni tersebut dipajang oleh seniman Inggris di National Potrait Gallery, London. Bersamaan dengan potret tokoh lainnya termasuk Kevin Spacey dan Sienna Mieller.


Namun, bulan ini lukisannya dijual di Balai Lelang Christie, New York. "Saya ingin melukis seseorang yang masih muda tapi ia punya kekuatan besar," ujarnya seperti dilansir dari BBC, Jumat (16/5/2014).


Menurutnya, hal yang dilakukan Malala dalam bidang pendidikan membawa dampak yang besar bagi perempuan Palestina. Lukisan ini sepenuhnya akan disumbangkan ke The Malala Fund.


"Uangnya akan difokuskan kepada pendidikan dan advokasi anak perempuan. Khususnya 250 gadis yang diculik kelompok militan Nigeria, Boko Haram," kata Yeo.


Pekan lalu, Malala menyatakan keprihatinannya terhadap kasus tersebut. "Saya sangat sedih gadis-gadis itu tak bersalah. Mereka hanya pergi ke sekolah dan belajar," ujarnya.


(tia/ich)