Instalasi Bulan Sabit yang Menyinari Kota Swiss

Jakarta - Ada-ada saja ulah seorang seniman urban bernama SpY yang selama ini reputasinya cukup dikenal. Kali ini ia meluncurkan sebuah karya yang terbaru, yakni sebuah instalasi seni berbentuk bulan sabit yang terang. Karya yang ia namai sebagai MOON ini, digantung di kawasan Ecole Polytechnique Federale de Lausanne Campus di Swiss.

Bulan sabit buatannya ini menawan banyak orang, dan bulan sabit ini digantung dengan menggunakan derek. Saat malam tiba, instalasi bulan sabit yang dibekali lampu di dalamnya ini bersinar teduh dan nampak seperti sungguhan.


SpY terinspirasi membuat karya ini setelah mengunjungi kampus itu dan merasa bila ia membuat sebuah karya di sana, akan menjadi sebuah gabungan yang menarik. Ia juga memiliki kesan tersendiri terhadap bulan. Menurutnya bulan selalu memiliki kekuatan magnetis dan menarik perhatiannya.


"Aku suka melihat reaksi siswa saat malam tiba dan melihat ada sebuah bulan sabit yang menyala di dekatnya, setelah seharian bekerja," jelasnya dilansir dari situs pribadinya spy-urbanart.com (14/05/2014).


"Aku suka memiliki banyak jenis reaksi dari karya yang aku buat, aku coba membangunkan dan membuat sebuah kesadaran yang lebih jelas dengan intervensi melalui karya."


Dengan meletakan instalasi bulan sabit di sana, ia merasa bisa memberikan atmosfer romantis. Artinya Spy senang membuat orang yang bekerja di sana serasa berada di tempat yang romantis.


(ass/ich)