Malam Ini, Pengumuman Anugerah Sayembara Kritik Sastra DKJ 2013

Jakarta - Sejak 2005 silam, Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) selalu menyelenggarakan Anugerah Sayembara Kritik Sastra yang kini sudah menjadi tradisi dari Komite Sastra DKJ. Tahun ini, tema kompetisi adalah 'Sastra Indonesia Kontemporer, Satu Dasawarsa'.

"Tema ini diambil karena telah 13 tahun kita memasuki abad milenium baru dan tentunya banyak hal yang telah berubah. Suasana kebudayaan berubah sangat dinamis," kata Ketua Komite Sastra, Fikar W.Eda dalam siaran persnya.


Tahun 2013 ada 106 judul kritik sastra yang diterima panitia. Geliat sastra kini tidak hanya terpusat di kota-kota besar namun menyebar ke pelosok negeri.


"Di masa mendatang, karya-karya kritik sastra diharapkan akan terus lahir, dan mewarnai perjalanan sastra Indonesia," kata Fikar.


Kompetisi kritik sastra ini dinilai oleh tiga orang dewan juri yakni Sapardi Djoko Damono, Afrizal Malna, dan Katrin Bandel. Program ini dimaksudkan akan melahirkan karya kritik sastra yang mampu mewarnai sastra kontemporer Indonesia.


Malam nanti pukul 19.30 di Teater Kecil, TIM, akan dibacakan pertanggung jawaban dewan juri. Acara ini akan ditutup oleh penampilan band FLOAT.


(tia/utw)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!