Indahnya Kerajinan Menghias Senjata Api

Jakarta - Apa saja sih hal yang identik dengan senjata api? Perang, dominasi warna hijau, coklat dan hitam? Nah ini yang beda, seniman asal Afrika Selatan, Ralph Ziman membuat senjata api jadi lebih indah dan unik.

Dalam sebuah karya seni bertajuk 'Ghosts', Ralph menyajikan keindahan fotografi dari senjata-senjata api seperti Ak-47. Senjata ini telah dikreasikan dengan manik-manik penuh warna, ini dipadankan dengan sosok yang menggunakan warna pakaian dan motif yang senada.


Meski terlihat indah dan mengesankan, sebenarnya Ralph yang kini tinggal di Pantai Venice, California, Amerika Serikat ini ingin mengkritisi budaya senjata api yang mendominasi di Afrika. Karena menurutnya kenyataan ini telah menjadi ancaman bagi warga dan sangat membahayakan penduduk Afrika.


Dalam fotonya, Ralph memasang topeng dan pakaian rajut yang dibuat serupa dengan warna dari senjata apinya. Dalam seri ini ia juga membuat 200 pembungkus senjata dari manik-manik.


Kontras sekaligus paduan warna yang disajikan dalam karya ini memang indah sekaligus menampilkan sisi ironi. Karya 'Ghosts' akan ditampilkan di C.A.V.E. Gallery, Los Angeles mulai 8 Februari hingga 2 Maret 2014.


(ass/utw)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!