Beyonce: Kesetaraan Gender Hanyalah Mitos

Jakarta - Beyonce, tak hanya bersuara indah, ia juga berani mengutarakan pikirannya melalui sebuah essay. Baru-baru ini, mia mengunggah sebuah essay tentang kesetaraan gender di situs The Shriver Report.

The Shriver Report adalah media non profit milik jurnalis Maria Shriver yang juga merupakan mantan istri aktor Arnold Schwarzenegger.


Istri dari Jay-Z itu menyatakan bahwa keseteraan gender yang selama ini telah diperjuangkan belum terlihat buktinya. Menurut Beyonce, wanita memang memimpin dunia namun mereka tidak dibayar sebagai mana mestinya, khususnya di Amerika Serikat.


"Saat ini setengah dari pekerja di Amerika adalah perempuan, namun rata-rata dari mereka hanya menghasilkan 77 persen dari kebanyakan pria yang bekerja. Kecuali pria dan wanita sama-sama tidak terima, hal ini tidak akan pernah berubah," tulisnya seperti dilansir Celebuzz, Sabtu (18/1/14)


Pelantun 'Who Run the World' itu mengungkapkan para pria juga harus berani menuntut hak untuk istri, anak dan ibunya agar diperlakukan sepadan dengan kualifikasi yang mereka miliki, bukan dilihat dari gender saja. Kesetaraan tersebut akan tercapai jika pria dan wanita sama-sama diberikan upah dan rasa hormat yang sama.


"Ada lebih dari 50 persen populasi wanita dan 50 persen pemilih. Kita harus menuntut untuk mendapatkan 100 persen kesempatan," tutupnya.


(hkm/hkm)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!