Komik Pertemuan Superman dengan John F. Kennedy

Jakarta - Tahukah Anda bahwa dalam salah satu versi komik Superman, ada yang dikisahkan sang superhero dari planet Krypton itu bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, John F Kennedy.

Ya, memang tak terlalu banyak yang tahu. Karena selama beberapa waktu, 10 salinan komik karya Al Plastino itu hanya jadi milik pribadi sang komikus dan tak pernah diperlihatkan ke publik.


Desember lalu, DC Entertainment, penerbit buku komik Superman berhasil membeli komik seni itu dan mendonasikannya pada perpustakaan. Tepatnya ke Perpustakaan dan Museum Presidensial di Boston. Demikian dilansir Huffington Post (21/3/2014)


Plastino meninggal dunia pada November 2013 di usia 91 tahun. Empat orang anaknya, cucu dan istrinya ikut hadir dalam pembukaan pameran Kamis lalu.


"Kami sangat terharu bahwa komik ini akhirnya mendapat tempat yang selayaknya," kata MaryAnn Plastino Charles, anak perempuan Plastino.


"Ayahku sudah lama ingin karyanya mendapat tempat disini. Dia selalu membicarakan hal ini. Ini adalah kisah yang berulang-ulang diceritakannya saat semua keluarga berkumpul."


Plastino membuat komik itu pada tahun 1964 dengan judul "Superman's Mission for President Kennedy." Saat itu komik itu dibuat untuk mendukung promosi Gedung Putih dalam program nasional kebugaran fisik.


Komik itu masih dalam proses produksi ketika JFK terbunuh pada tahun 1963. Penerus JFK, Lyndon Johnson, sempat menahan publikasi komik ini. Sejak saat itu komik itu sempat disebut akan disimpan di perpustakaan, namun itu tak pernah terlaksana.


"Ayah sangat kecewa, ketika rencana menyimpan karyanya di perpustakaan gagal," kata Fred, anak lelaki Plastino. "Ayah sangat mengidolakan JFK. Seandainya kini dia masih ada dia pasti senang sekali."


(utw/utw)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!