Ayahanda Alyssa Soebandono Gantung Beleketepe

Jakarta - Usai melaksanakan pengajian, ayahanda Alyssa Soebandono, J.P. Soebandono meletakkan beleketepe di depan gerbang rumah. Beleketepe menandakan bahwa rumah tersebut sedang menggelar hajatan.

Ayahanda dan Ibunda Icha, J.P. Soebandono dan Angki W. Soebandono keluar rumah untuk meletakkan beleketepe di depan gerbang rumah. Kedua orangtua Icha juga didampingi oleh kakak dan adik Icha.


Menggunakan baju adat Jawa bernuansa cokelat tua, J.P Soebandono meletakkan beleketepe yang terbuat daru anyaman daun pandan. Saat menjalani prosesi itu, Ayah, ibunda dan saudara Icha terlihat bahagia dan selalu tersenyum.


"Bismilahirahmanirahim. Saya berniat mempunyai waktu hajat untuk putri kami anindia Alyssa Soebandono untuk dinikahkan dengan ananda Dude Harlino. Dengan upacara adat lengkap. Diawali dengan pemasangan beleketepe sebagai syarat," ucap ayahanda Icha, J.P Soebandono setelah menggantungkan beleketepe di depan kediamannya di Jl Prapanca 1, No 29, Jakarta Selatan, Jumat (21/3/2014).


"Semoga Allah SWT selalu meridoi dalam kehidupuan rumah tangganya, seiya-sekata. Semoga dalam perjodohan nanti mensyukuri nikmat Allah seperti ilmu padi. Tetap hatinya, lancar rezekinya dan mantap hingga akhir hayat," doanya.


Setelah menggantungkan beleketepe, ayah dan ibunda Icha juga membuka selimut yang menutupi pisang raja yang berada di sisi kiri dan kanan gerbang. Selain itu, keduanya pun meletakkan padi di samping pisang raja.


Hal itu dilakukan agar Dude dan Alyssa bisa diterima di tengah masyarakat. Prosesi pengajian, beleketepe sudah berlangsung sejak pukul 09.00 WIB. Saat ini masih dilangsungkan prosesi siraman.


(pus/mmu)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!