Lepas Ayam Betina Tanda Orangtua Ikhlas Menikahkan Alyssa dengan Dude

Jakarta - Serangkaian prosesi adat Jawa masih terus dilaksanakan di rumah Alyssa Soebandono, jelang pernikahannya dengan Dude Harlino. Kali ini, orangtua Alyssa melakukan prosesi lepas ayam.

Pantauan detikHOT, Jumat (21/3/2014), usai melaksanakan prosesi siraman, JP Soebandono dan Angki W Soebandono kembali keluar rumah. Kali ini keduanya membawa ayam betina hitam.


Dipandu oleh pembawa acara, dalam hitungan ketiga, ayah dan ibunda Alyssa langsung melemparkan ayam tersebut. Pelepasan ayam ini melambangkan kalau keduanya sudah ikhlas melepas Alyssa untuk mengarungi kehidupan baru dengan Dude.


"Ini semua kan simbolis. Salah satunya adalah melepas ayamnya ini. Saya memberikan kebebasan pada Alyssa untuk hidup diluar nanti, sudah bukan lagi tanggung jawab orang tua," jelas ayahanda Alyssa, JP Soebandono.


Dengan wajah bahagia, kedua orang tua Alyssa pun memberikan sedikit penjelasan kepada awak media yang sudah menunggu. Dalam penjelasannya, diungkapkan sejak dari pagi prosesi yang sudah dilakukan antara lain, siraman, pengajian, sungkeman, dan pemberian restu.


"Saya harapkan nanti semuanya berjalan dengan lancar. Icha meminta restu, kami sebagai orang tua memberikan wejangan. Icha juga tadi sempat memberikan pernyataan ungkapan kasih," ucapnya sambil tersenyum.


(pus/kmb)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!