Ketika Komeng Melawak di Antara Orang Mabuk dan Pelaut Korea

Jakarta - Pelawak Komeng tak pernah bisa menyelesaikan kuliah karena kesibukannya tampil melawak. Selain mengikuti festival lawak, Komeng juga rutin di berbagai klub malam di ibukota.

Dulu ia sempat dikontrak sebagai pengisi acara tetap di beberapa klub ternama setiap malam. Banyak pengalaman unik yang juga diperoleh pria kelahiran 25 Agustus 1970 ini selama tampil di klub. Dari menerima sawer oleh pengunjung yang mabuk hingga gagal melucu.


"Waktu itu pernah tampil, bayaran saya Rp 60 ribu. Tapi dapat sawernya Rp 500 ribu," ujar Komeng. Lho, kok bisa? Pria yang melejit lewat acara Spontan ini mengaku kaget saat menerima uang sawer sebanyak itu. Kala itu salah seorang penonton yang melihat penampilannya tersebut nyatanya sedang mabuk.


"Kalau diinget-inget dia lagi mabuk banget. Jadi nggak sadar kali ngeluarin duitnya berapa," sambung Komeng tertawa.


Masih tampil di klub malam, Komeng pun punya pengalaman lain yang dinilainya cukup pahit saat dirinya gagal tampil lucu di atas panggung. Seperti apa?


"Nah pernah sama Diamor juga, kita ngelawak tapi nggak bisa bikin penontonnya ketawa. Setengah jam di atas panggung, hening responnya," kisahnya.



Sempat hampir putus asa, akhirnya salah seorang pelayan mengatakan pada Komeng dkk. Para penonton yang hadir kala itu bukan berasal dari ibukota. Namun para pelaut Korea yang tengah transit di Jakarta dan mampir ke klab tersebut.


Alhasil, agar lawakan mereka dimengerti, Komeng dkk pun tampil melawak ala komedian Mr Bean. "Mau nggak mau deh habis itu. Pakai bahasa tubuh akhirnya kita melucu, baru deh penontonnya ngerti dan ketawa lihat kita," kenang Komeng.


(doc/hkm)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!