Rayakan Ulang Tahun ke-40, ABBA Rilis Buku

Jakarta - Sebuah perjalanan yang panjang pantas dihargai dengan sesuatu yang spesial, misalnya dengan sebuah buku. Eits, bukan buku biasa, tapi grup musik pop asal Swedia, ABBA, menuliskan sebuah buku khusus yang menandakan ulang tahunnya ke-40.

Dilansir oleh Digital Spy, Jumat (21/3/2014), buku berjudul 'ABBA: The Treasures through Carlton Books' itu berisi foto-foto langka, memorabilia pribadi para personel, materi wawancara yang belum pernah dipublikasi, sampai jadwal tur yang dipegang masing-masing personel, Agnetha Fältskog, Björn Ulvaeus, Benny Andersson dan Anni-Frid Lyngstad.


'ABBA: The Treasures through Carlton Books' ditulis oleh dua orang terdekat ABBA. Yakni, Ingmarie Halling, manajer tur ABBA yang kini menjabat sebagai kurator museum ABBA di Stockholm, dan Carl Magnus Palm, penulis yang sudah menulis buku mengenai ABBA sebelumnya.


Sebetulnya, buku ABBA itu tak hanya sekedar untuk merayakan ulang tahun. Buku tersebut sekaligus memperingati empat dekade album kedua dan paling hits sepanjang masa, 'Waterlo' yang dirilis pada 1974 silam. Lagu berjudul 'Waterlo' sendiri, sampai saat ini menyandang gelar 'Best Song In the Competitions History'.


Atas terbitnya buku tersebut, muncul juga rumor yang mengatakan bahwa grup pelantun hits 'Mamma Mia' itu akan segera menggelar konser reuni. ABBA memang diketahui terakhir kali bersama-sama berkarya pada 1982, setelah setahun sebelumnya berhasil merilis album kedelapan mereka, 'The Visitors'.


(hap/mmu)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!