Penampilan Enerjik dan Powerful Lisa Stansfield di Panggung Java Jazz Festival

Jakarta - Meskipun bertema musik jazz, panggung Java Jazz Festival 2013 juga dikenal menyuguhkan penampilan musisi genre lain sebagai alternatif. Lisa Stansfield yang kebanyakan bermain di area R&B, soul dan pop itu pun tak ketinggalan ikut memeriahkan panggung di JIE Expo Kemayoran, Sabtu (2/3/2013).

Penyanyi asal Inggris itu tampil anggun dengan balutan dress backless berwarna hijau. Lagu 'Set Your Loving Free' terasa lebih asyik karena penonton tidak lagi hanya duduk diam seperti pertunjukan Basia, kursi-kursi telah disingkirkan.


Sekitar 7 ribuan penonton yang memadati panggung D2 Djarum Mild pun lebih leluasa untuk bernyanyi dan menari mengikuti irama 'Mighty Love'. Lisa yang memiliki suara powerfull, menari-nari dan meliuk seksi mengajak penonton untuk terus bergoyang.


Pemenang Brit Award yang menelurkan album perdananya pada 1989 itu kemudian sedikit menurunkan tempo dengan suara mendayu-dayu dalam lagu 'Stupid Heart'.


"Ok, we're going dance," ujar Lisa yang langsung membawakan lagu 'The Real Thing', dan tanpa dikomando, penonton pun langsung berjoget dan menyanyi bersama mengiringi lagu yang akrab di telinga mereka itu.


Setelah membawakan lagu yang menceritakan 'hal nyata', Lisa kemudian membicarakan hal besar.


"Cinta adalah hal besar, ketika menemukan seseorang yang kita cintai, kita seperti tak mempedulikan yang lainnya," ucap penyanyi berusia 46 tahun itu di sela-sela lagu 'Big Thing'


Petikan gitar dengan tempo lambat, mengawali lagu selanjutnya 'Time to Make You Mine'. Lebih dari setengah durasi pertunjukannya, Lisa ternyata masih panas dan belum tampak kelelahan. 'Make Love to Ya' dilantunkan dengan karakter vokal yang kuat dengan nada-nada tinggi.


Kemudian ketika penonton sedang berada dalam tekanan tinggi, lagu 'Change' langsung dibawakan sebagai medley. Seakan tak kehabisan energi di usianya yang hampir setengah abad, Lisa kembali menurunkan tempo, dan mengajak penonton naik-turun seperti roaller coaster.


"Kita akan bawakan yang sedikit berbeda sekarang," ucap Lisa disambung irama keyboard yang mengalun pelan sebelum 'All Woman' dan 'What Did I do to You' dibawakan.


Bertepatan dengan pertunjukan di panggung utama, tampil juga diva jazz Amerika-Jepang Monday Michiru yang berkolaborasi dengan Gregory Porter. Sebelumnya, Michiru pernah bertandang ke Indonesia dalam konser bertajuk Soulception Tour pada Juni tahun lalu.


Monday Michiru adalah seorang penyanyi, pencipta lagu, dan pemain flute multitalenta yang dikenal sebagai penggerak acid jazz di Jepang pada era 90-an. Hingga kini, Michiru telah merilis 12 album dan pernah berkolaborasi dengan Lisa Ono, Kenny Garrett, Bill Laswell, dan Airto Moreiro.


Monday Michiru akan kembali tampil di hari terakhir Java Jazz Festival 2013, Minggu (4/3/2013). Yang menarik, Monday akan berkolaborasi dengan The Groove. Penasaran?


(ich/ich)