Ketika Papan Iklan Perkotaan Diganti Karya Seni

Jakarta - Jika Anda adalah warga kota, pastinya Anda sangat sering melihat iklan di mana saja. Mulai dari poster, flyer, banner maupun berbagai bentuk papan iklan yang disediakan.

Bahkan kini, badan bis kota dan kereta listrik semuanya dimaanfaatkan untuk beriklan. Iklan-iklan tersebut terdiri dari minuman berenergi, kosmetik hingga makanan ringan.


Ruang kota pun dibombardir dengan iklan, baik visual yang bagus maupun tidak. Seorang seniman asal Perancis, Etienne Lavie memiliki solusi yang akan membuat para masyarakat dan seniman senang.


Ia mengisi ruang kota dengan seni. "Saya membayangkan untuk bisa mengganti banyak papan iklan yang ada di kota Paris," katanya seperti dilansir dari Visual News, Rabu (12/2/2014).


Lavie pun menggantinya dengan berbagai karya seni klasik dari Renaissance hingga Impressionisme. Hal ini diwujudkannya dalam seri karya fotografi berjudul 'OMG Who Stole My Ads'.


Di sini, Lavie mencoba menyentuh isu ruang publik dengan mengganti papan iklan yang muncul dalam karya fotonya, dan menjadi karya seni klasik.


Ia juga membuat sebuah imaji di mana masyarakat menjadi sangat dekat dengan karya seni. Karyanya pun telah memberikan gambaran berbeda pada ruang publik di kota.


(ass/tia)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!