Biola Berumur 317 Tahun Yang Hilang, Dilelang Rp 35 Milliar

Jakarta - Sebuah biola yang hilang dicuri, saat itu diperkirakan harganya hanya berkisar US$ 160 atau Rp 1,7 juta. Kini biola tersebut kemungkinan akan terjual di lelang sekitar US$ 3,2 juta atau Rp 35 milliar.

Instrumen musik berusia 317 tahun ini telah diburu pihak kepolisian hingga ke batas internasional. Direktur Rumah Lelang Tarisio, Jason Price mengatakan sejarah di balik biola Stradivari tersebut.


"Biola ini dibuat pada 1969. Proporsi model biola ini normal, dan menjadi model yang digunakan Stradivari hingga sepanjang karirnya," ujarnya seperti dilansir dari Huffington Post (25/10/2013).


Pada tahun 1700an, sang seniman sangat produktif. Serta melakukan banyak lokakarya dalam pembuatan biola. Ia juga spesial karena merupakan satu dari 600 biola karya Antonin Stradivari yang masih bertahan hingga kini.


Kayu maple yang digunakan pada punggung instrumen ini, menurut Jason Price sangat spesial dan megah. Biola ini ditemukan ketika pemiliknya Min-Jin Kym sedang makan di kafe sebuah stasiun kereta api London.


Dari laporan pemberitaan media, menyatakan pria ini bersalah. Biola bekas Min-Jim Kym ini akan naik untuk pelelangan pada Desember mendatang.


Sebagian hasil lelangnya akan diberikan kepada pihak kepolisian yang berhasil menemukan biola yang hilang ini.


(utw/utw)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!