Juara 3 ACILA Indonesia Mengaku Teledor dan Bersedia Kembalikan Hadiah

Jakarta - Lagu 'Indonesia Jangan Menangis' ciptaan Chossy Pratama yang sukses menyabet Juara 3 dalam Ajang Cipta Lagu Anak (ACILA) Indonesia 2013 didiskualifikasi. Alasannya karena karya tersebut ternyata sempat dipublikasikan.

Chossy sendiri akhirnya mengakui kesalahannya dan meminta maaf. Tak hanya itu, ia juga akhirnya mengembalikan hadiah yang didapatkannya.


"Kami mohon maaf. Itu emang lagu Pak Chossy, cuma karena masalah ketelodaran administrasi," aku perwakilan Chossy, Budi Paramitha saat ditemui di kawasan Pasar Blok A, Jakarta Selatan, Jumat (26/7/2013).


"Iya Pak Chossy langsung legowo, karena bentuk profesional kami. Sekitar seminggu kemudian langsung dikembalikan," jelasnya.


Lengsernya lagu 'Indonesia Jangan Menangis' berkat laporan seorang bernama Aulia Rachman yang menyebut bahwa lagu tersebut sudah pernah dipakai Chossy pada 2006 lalu. Setelah telusuri ternyata laporan tersebut benar adanya hingga gelar juara ketiga itu pun akhirnya dicabut.


"Baru diketahui belakangan. Ada yang tidak memenuhi persyaratan dari lagu karya Pak Chossy, karena persyaratannya lagu baru. Ternyata lagu Juara 3 itu sudah pernah ada. Kami mengetahui ini dari email yang masuk," ungkap Tika Bisono selaku Ketua Panitia ACILA Indonesia 2013.


(mau/fk)