Ruang-Ruang Pameran Alternatif Jakarta

Jakarta - Dulu untuk melakukan sebuah pameran dari karya seni rupa, para seniman harus 'memajang' karya mereka di ruangan khusus eksibisi seperti Galeri Nasional, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Convention Centre, ruang-ruang museum atau memanfaatkan ballroom di hotel-hotel mewah.

Belakangan ini trennya mulai berubah, seiring dengan semakin banyaknya seniman muda, ruang-ruang eksibisi 'alternatif' pun mulai mewabah dan membuat semakin banyak seniman yang memiliki ruang untuk memampang karyanya. Misalnya seperti di:


1.Backyard - Museum Layang-Layang

Alamat: Jl. H. Kamang No.38, Pondok Labu, Jakarta Selatan.


Bangunan yang menyimpan banyak koleksi layang-layang sejak tahun 2003 ini, belakangan mulai banyak dijadikan tempat perhelatan acara musik dan pameran seni, tempat ini diberi nama Backyard. Acara yang baru saja dihelat disini adalah Musim Panas Backyard, dengan rangkaian acara workshop musik, pagelaran musik, juga ada eksibisi karya seni dari Kancata, Sir Dandy dan Komunitas Pecinta Kertas.


2.Dia.Lo.Gue

Alamat: Jl. Kemang Selatan 99 A, Jakarta Selatan.


Tempat yang berdiri sejak tahun 2011 ini memiliki ruang untuk eksibisi, coffeeshop dan toko yang menjual pernak-pernik kreatif dari rumah desain seperti LeBoYe dan lainnya. Beragam acara eksibisi yang dilengkapi dengan suguhan musik sering digelar disini. Beberapa seniman yang pernah melakukan eksibisi disini adalah Natasha Gabriela Tontey, Jonathan Kusuma, Stephanie Erlita Arifin dan masih banyak lagi. Selain itu di Dia.Lo.Gue. juga rutin diadakan acara diskusi dengan para seniman, mereka yang pernah jadi pembicara disini antara lain Eko Nugroho juga Irwan Ahmet.


3. Tryst Living

Alamat: Jl. Kemang Utara No.17A. Jakarta Selatan.


Di tempat yang merupakan restoran sekaligus tempat penjualan furniture ini juga sering diadakan pameran karya seni lukis yang diiringi dengan suguhan musik dari band-band lokal. Salah satu acara yang pernah diadakan disini adalah Pitsop vol.4 dari Indonesia Youth Conference yang menampilkan band

L'Alphalpha dan diskusi anak muda. Juga salah satu rangkaian eksibisi dari Kopi Keliling.


4. The Tree House

Alamat: Jl. Kemang 1 No. 72. Jakarta Selatan.


Kafe ini didedikasikan bagi para seniman lokal agar memiliki ruang untuk melakukan eksibisi karyanya. Kalangan yang melakukan pameran bukan hanya seniman grafis, tapi juga fotografer dan videografer. Tak jarang tiap acara yang diselenggarakan di Tree House ini, ikut menyuguhkan sajian musik dari para musisi lokal.


5. iCreate Gallery

Alamat: Blitz Megaplex, Lantai 8, Grand Indonesia, Jakarta Pusat.


Bertempat di pusat keramain, iCreate Galleru menyediakan ruang bagi para seniman untuk memajang karyanya disini. Selain itu di tempat ini juga dijual beberapa produk fesyen juga aksesoris, hasil rancangan para desainer lokal dan luar. Salah satu pameran yang pernah digelar disini adalah Intiated Project, yang menampilkan karya dari Listya Amelia, Kancata, Zulfikar Arief, Nugraha Pratama dan masih banyak lagi.


(utw/utw)