Tanah Mistik Karibia di Lukisan Peter Doig

Jakarta - Kabut yang menyamarkan bentang cakrawala antara lautan dengan langit, hutan yang serasa meleleh dipenuhi dedaunan juga buah. Gaya lukisan dari seniman Peter Doig nampak mistis sekaligus dreamy.

Kali ini Peter menampilkan karya lukis yang terinspirasi dari perjalananya ke Karibia. Ia merangkumnya dalam pameran berjudul 'No Foreign Lands'. Di sinilah ia menyajikan beragam keadaan alam di Karibia, dalam warna-warni lukisan dan tekstur yang khas.


Serta menjadikan pemandangan tropis menjadi sesuatu yang berada di antara kenangan dan imajinasi. Pameran ini akan dihelat hingga 4 Mei 2014 di Montreal Museum of Fine Arts.


Orang tua Peter pindah ke pulau tropis yang ada di Trinidad dari rumah asalnya di Skotlandia ketika dia masih sangat muda. Peter sendiri pernah berpartisipasi pada residensi sebulan penuh di Karibia pada 2000 lalu.


Sebelumnya, ia juga pernah menjelajah Inggris dan Kanada dengan kacamata artistiknya. "Aku ingat arsitektur disana," kata Peter, dilansir dari Huffington Post (5/2/2014).


"Aku ingat bagaimana aromanya, mengingat jalannya dan rutenya. Ini membuatku tersadar bahwa aku sangat tersambung dengan tempat, meski saat tinggal di sini aku masih sangat muda dan tidak kembali setelah 33 tahun berlalu."


Karya Peter Doig ini berfungsi sebagai kenangan eksotis dari sebuah perjalanan, dari waktu ke waktu ini akan meningkatkan fantasi mengenai ini dan tetap tak akan terpisah dari kondisi aslinya.


(ass/tia)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!