Paramitha Rusady Nikmati Peran Inggit di Film tentang Pengasingan Bung Karno

Jakarta - Paramitha Rusady mengaku menikmati perannya sebagai istri Bung Karno, Inggit Ganarsih dalam film tentang pengasingan Soekarno ke Pulau Ende. Hampir sebagian besar produksi film itu dilakukan di Nusa Tenggara Timur.

Paramitha melakukan proses pengambilan gambar film berjudul 'Ketika Bung di Ende' itu selama satu bulan.

Lokasi syuting dilakukan di Teluk Ipi, tak jauh dari pantai asli dimana Bung Karno berlabuh pertama kali di Ende, pada 1934.


"Senang, bangga memerankan tokoh bu Inggit. Sosok luar biasa, beliau memiliki peranan penting mendukung Soekarno saat kemerdekaan," kata artis yang akrab disapa Mitha saat ditemui di acara Festival Film Indonesia (FFI) 2013 di Marina Convention Center, Semarang, Sabtu (7/12/2013) malam.


Dalam film itu, Mitha yang mengaku mengenakan kain asli milik Bu Inggit. Dengan memakai bagian busana yang autentik, aktris berusia 47 tahun itu pun lebih menjiwai karakter Inggit saat beradu akting dengan Baim Wong yang memerankan Sang Proklamator.


"Kehadiran dia saat itu betul-betul yang membimbing Bung Karno ketika luluh dan hancur. Salah satu perempuan hebat di belakang Soekarno," tambahnya.


Menurut Mitha, film arahan sutradara Viva Westi itu rencananya akan dimasukkan ke beberapa film festival sebelum dirilis untuk umum.


(ich/doc)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!