'99 Cahaya di Langit Eropa' vs 'Soekarno: Indonesia Merdeka'

Jakarta - Sejumlah film Indonesia dengan skala produksi besar bersaing di bulan Desember. Untuk kuartal pertama, '99 Cahaya di Langit Eropa' bertarung dengan 'Soekarno: Indonesia Merdeka.'

Sejak dirilis pada Rabu (11/12/2013) lalu, film 'Soekarno' sudah menyedot lebih dari 77.363 penonton. Kisruh yang terjadi antara Rachmawati dan Multivision Plus Picture, sepertinya tidak terlalu berpengaruh pada antusiasme penonton.


Sementara film '99 Cahaya di Langit Eropa' terus menunjukkan hasil positif memasuki hari ke-9 pemutarannya. Kamis (12/12/2013) kemarin jumlah penonton film produksi Maxima Pictures itu tercatat 412.634 penonton.


Hasil penonton yang cukup besar pada kedua film tersebut menjadi catatan positif bagi industri film Indonesia yang sempat lesu. Guntur Soeharjanto sebagai sutradara '99 Cahaya di Langit Eropa' bersyukur karena pesan yang ingin ia sampaikan kepada penonton, diterima dengan baik.


Ia juga tak menganggap film-film besar yang tayang di bulan Desember sebagai saingan. "Justru keempat film ini harus ditonton semua karena memang sangat layak. Kalau penonton banyak, efeknya kita filmmaker juga bisa membuat hasil yang lebih baik lagi dan berkualitas," ucap Guntur pada detikHOT.


Memasuki minggu ketiga dan keempat, dua film Indonesia lainnya yang siap tayang adalah 'Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk' dan 'Laskar Pelangi 2: Edensor.' Ayo ramaikan bioskop!


(ich/ich)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!