'Elysium,' Populasi Kaum Jetset ketika Bumi Sekarat

Jakarta - Los Angeles 2154. Populasi bumi berlebihan, wabah penyakit melanda. Wajah bumi sudah tak indah lagi dengan pemukiman kumuh sepanjang jauh mata memandang. Bumi hanya ditinggali kaum golongan bawah, sementara para jetset bermigrasi ke 'surga' bernama Elysium.

Jika dilihat dari bumi, Elysium tampak seperti roda raksasa yang berputar di wahana permainan. Tetapi di sana layaknya surga. Dalam tiap rumah, terdapat alat medis yang bisa menyembuhkan segala macam penyakit dalam waktu hitungan detik.


Di Elysium proses penuaan bisa dicegah. Di Elysium tingkat kematian bisa ditekan. Dan para kaum jetset itupun dengan nyaman melanjutkan hidup mewah tanpa khawatir soal apapun. Untuk perjalanan antariksa, mereka memiliki kendaraan sendiri berlabel Bugatti.


Tetapi, layaknya sebuah populasi. Mereka akan sekuat tenaga melindungi kelompoknya dari hal yang menyanggu kenyamanan. Maka dibentuklah sebuah pemerintahan Elysium, lengkap dengan Presiden, dan Menteri Pertahanan.


Sementara tentara dan polisi yang menjadi garda terdepan mereka dalam menghadapi situasi keamanan adalah para robot. Di bumi, robot-robot canggih itu pun berjaga-jaga agar tak ada kelompok kelas bawah yang berusaha ke Elysium. Setiap pelaku kejahatan dan pelanggar aturan tercatat lengkap dalam data setiap robot yang mengidentifikasi.


Max Da Costa (Matt Damon) adalah anak panti asuhan. Sejak kecil ia memendam hasrat pergi ke Elysium. Alasan itu pula yang melatarbelakanginya melakukan berbagai macam tidak kriminal ringan hingga berat.


Setelah bebas bersyarat, Max mencoba membenahi hidupnya dengan bekerja sebagai buruh di pabrik pembuatan robot. Tetapi hidup kadang tak sesuai dengan yang direncanakan.


Ketika ingin berubah, Max justru mendapat musibah. Hidupnya tinggal 5 hari lagi. Satu-satunya jalan agar ia tetap hidup adalah pergi ke Elysium untuk masuk ke 'kapsul ajaib' yang ada di tiap rumah penduduk Elysium.


Perjalanan Max itu mempertemukannya kembali dengan soulmate masa kecil Frey Santiago (Alice Braga). Ternyata ia juga memiliki tujuan yang sama dengan Max karena anaknya tengah sekarat.


Max terpaksa bertemu dengan Spider (Wagner Moura), penyelundup warga untuk melintasi antariksa menuju Elysium. Max bisa menyelesaikan semua masalah dengan masalah baru. Misi berbahaya yang tak hanya bisa menyelamatkan hidupnya, tetapi kebaikan umat manusia.


'Elysium' disutradarai Neill Blomkamp yang juga menulis skenario. Ia menggaet Judi Dench sebagai Menteri Pertahanan yang tak hanya tegas, tapi penuh intrik untuk mengkudeta pemerintahan Elysium. Ia dibantu kaki-tangannya agen 'gila' Kruger (Sharlto Copley) dan John Carlyle (William Fichtner) yang pandai, namun tak kalah licik.


'Elysium' adalah film action berbalut fiksi ilmiah yang mudah dinikmati sekaligus memacu adrenalin. Film ini juga mengangkat berbagai aspek, mulai dari politik, dan tema sosial seperti imigrasi, dan perawatan kesehatan.


(ich/ich)