Desainer Busana Juga Terinspirasi Kartun Disney

Jakarta - Inspirasi bisa datang darimana saja. Termasuk film kartun. Tokoh kartun besutan Walt Disney misalnya, mampu mendatangkan inspirasi bagi sejumlah perancang busana ternama di dunia.

Awal tahun 2013, desainer Alber Elbaz merancang sebuah gaun unik untuk tokoh Minnie Mouse dalam perhelatan ulang tahun Disneyland Paris ke-20. Gaun ini dibuat khusus sebagai bagian kolaborasinya dengan rumah mode ternama Paris, Lanvin.


"Ketika saya menunjukkan dua gaun, dia (Lanvin) tahu persis mana yang dia inginkan," kata Elbaz seperti dilansir Vogue, (12/2/2013).


"Dia suka menunjukkan tumitnya dan mencintai anting-anting, perhiasan, warna, dan segala sesuatu yang berkilau," lanjutnya.


Gaun Minnie Mouse karya Elbaz berwarna biru berstruktur bahan neoprene serta bertabur perhiasan berkilau. Di bagian atas ada sebuah mahkota yang terdiri dari kristal swarovski warna merah marun.


Rancangan gaun Disney tersebut bukan yang pertama bagi Elbaz dan Lanvin. Sebelumnya, mereka pernah berpartisipasi dalam sebuah acara window display Barney's New York Disney Electric Holiday tahun lalu.


Beberapa desainer yang juga pernah membuat gaun bertema kartun Disney yakni Michael Michalski asal Jerman yang terinspirasi tokoh Cinderella, Jean Paul Knott asal Belgia yang membuat gaun bervolume terinspirasi dari apel beracun dalam serial Putri Salju dan Tujuh Kurcaci alias Snow White and Seven Dwarfs.


Ada pula desainer Oscar de la Renta, Valentino, Versace, Elie Saab, Roberto Cavalli, Escada, Missoni Ralph and Russo, dan Jenny Packham yang merancang gaun para tokoh putri-putri Disney seperti Cinderella, Putri Tidur, Putri Salju, dan Putri Jasmine. Rancangan mereka dipamerkan di Harrods Department Store, London, akhir tahun 2012 lalu.


(utw/utw)