Jeny Tjahyawati, Kuliah Lagi Demi Ide Desain

Jakarta - Gaun-gaun nan indah dikenakan para model di atas catwalk bisa menggiring orang jadi terpana dan terpesona. Atau mungkin sebagian kita akan bertanya-tanya, dari mana sang desainer mendapat ide-ide ajaib untuk tema rancangan itu.

Ya, menurut para desainer yang detikHOT temui rata-rata mengisahkan selalu ada kisah panjang dan unik di balik penciptaan sebuah rancangan. Semua selalu diawali dari sebuah ide.


Namun ternyata tak gampang mengail ide untuk sebuah rancangan. Memang ada ide rancangan yang datang begitu saja. Tapi tak sedikit pula ide yang harus lama dicari. Untuk mengendapkan ide itulah para desainer berikut sering punya, katakanlah, semacam ritual untuk mengundang inspirasi. Berikut kisahnya.


***


Mood atawa suasana hati yang baik berpengaruh pada datangnya inspirasi bagi seorang desainer. Ada banyak cara bisa dilakukan untuk menciptakan karya terbaik di balik mood dan inspirasi tak terduga.


Desainer busana muslim Jeny Tjahyawati punya ritual sendiri sebelum membuat sebuah rancangan. Baginya, mood bisa dibuat dan dimulai tanpa perlu dicari. Apa yang ia lakukan?


"Saya harus jalan-jalan lihat perkembangan pasar atau ke tempat industri. Cari bahan kain atau pun yang lain-lain buat detail yang bisa membangkitkan mood," kata Jeny kepada detikHOT, beberapa waktu lalu.


Selain itu, dia juga gemar membaca buku bertema mode agar bisa memprediksi tren tahun depan. Setelah semua ide terkumpul, barulah dibuat semacam moodboard atau papan rencana rancangan.


Di moodboard itu Jeny akan mengumpulkan semua materi ide yang didapatnya. Misalnya ketika dia tertarik untuk membuat tema tentang keindahan laut, maka dia akan mencatat berbagai hal-hal unik tentang laut. Apalah itu makhluk laut seperti ikan dan ubur-ubur yang unik, atau warna-warni laut dan pantainya.


Tapi tak melulu mengail ide dari jalan-jalan, Jeny juga bisa mendapatkan ide dari statusnya sebagai mahasiswi Fakultas Desain Mode Institut Kesenian Jakarta.


"Sekarang lagi skripsi, mudah-mudahan selesai tahun ini. Kuliah ini bisa bikin semangat banget, lho," katanya.


Desainer yang merupakan anggota Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia ini mengaku, apabila semangatnya sedang berada di puncak, maka inspirasi dapat mengalir begitu saja. Bahkan satu baju pun bisa selesai dalam satu hari.


(utw/utw)