Klarifikasi Eyang Subur, Bantah Sesat Hingga Ngaku Islamkan Banyak Orang

Jakarta - Eyang Subur akhirnya memberikan klarifikasinya atas pemberitaan miring mengenai dirinya belakangan ini. DetikHOT yang menyambangi kediaman Subur di Jalan Beringin III, Tanjung Duren, Jakarta Barat akhirnya mendapat klarifikasi langsung dari Subur lewat pernyataan tertulisnya.

Subur membantah dirinya seorang dukun. Ia juga membantah telah menyebarkan aliran sesat. Lantas Subur menegaskan justru dirinya mematuhi ajaran Islam secara utuh. Bahkan ia mengklaim telah mengislamkan banyak orang.


"Saya mendukung setiap orang untuk beribadah dan menyiarkan ajaran agama Islam seperti yang saya anut. Dan alhamdulillah saya pribadi pun telah mengislamkan beberapa orang yang tadinya tidak beragama Islam," begitu bunyi klarifikasi Subur lewat surat yang ia tanda tangani di atas materai.


Subur memang tetap tak muncul. Kamis dini hari (28/3/2013), ketika detikHOT menyambangi, dipastikan Subur sedang berada di dalam rumah. Namun ia secara halus menolak untuk ditemui. Subur mengaku lelah dan ingin beristirahat.


Klarifikasi pun ia tuangkan dalam sebuah pernyataan tertulis itu. Ada dua hal utama yang disampaikan pria yang dikabarkan memiliki banyak istri tersebut.


Soal tudingan Adi yang menyebut dirinya melarang murid-muridnya untuk pergi umroh dan haji pun dibantahnya pula. Subur juga menilai, tuduhan-tuduhan yang diarahkan padanya merupakan upaya adu domba.


"Saya tidak pernah melarang setiap orang untuk menjalankan ajaran agamanya masing-masing seperti yang dituduhkan oleh oknum tertentu, dan saya tidak pernah melarang orang beribadah termasuk daripadanya salat lima waktu, berpuasa di bulan suci Ramadan, pergi haji atau umroh, berzakat dan infaq sadakah, dan saya tidak pernah meminta upeti apapun dan kepada siapapun," paparnya.


"Saya tidak melecehkan Nabi Adam AS dan nabi-nabi lainnya seperti yang dituduhkan oknum tertentu kepada diri saya. Itu adalah tuduhan yang menyesatkan dan merupakan upaya adu domba dengan pihak lain," begitu klarifikasi Subur tanpa merinci siapa pihak lain yang dimaksud.


(kmb/mmu)