Pertandingan 'Tarkam' Jadi Tantangan di 'Garuda 19: Semangat Membatu'

Jakarta - Dalam film terbaru Mizan, berjudul 'Garuda 19: Semangat Membatu', yang mengangkat cerita sepakbola Indonesia, ternyata justru adegan sepakbola menjadi bagian penuh tantangan. Memang bukan pertandingan sepakbola seperti umumnya, melain pertandingan 'tarkam' alias antar kampung yang menjadi titik tantangannya.

"Ini tantangan baru, saya belum pernah bikin film dunia remaja lewat pertandingan sepakbola 'tarkam'. Ketika saya dikasih kesempatan untuk menggambarkan dunia remaja dengan perpektif saya, maka menjadi sangat menarik," ujar sang sutradara, Andi Bachtiar Yusuf, saat jumpa pers di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (30/5/2014).


Semua adegan sih susah aja ya. Tapi semua bisa dikerjakan, yg penting bagaimana bs mem-visualkan apa yg ada di kepala kita untuk bs dinikmati orang.


Meskipun begitu, bagi sutradara yang akrab dipanggil, Ucup itu tetap yakin bisa memberikan gambar terbaik.


"Semua adegan sih susah-susah gampang aja ya. Tapi semua bisa dikerjakan, yang penting bagaimana bisa mem-visualkan apa yang ada di kepala kita untuk bisa dinikmati orang," jelas sutradara 'Hari Ini Pasti Menang' itu. Selain itu, 'footage' tentang pertandingan U-19 VS Vietnam dalam Piala AFF 2013 pun menjadi sajian yang menarik untuk dinikmati.


Namun, dalam penggarapannya, pemain asli Tim Nasional (Timnas) U-19 tidak dilibatkan sama sekali. Alasan jadwal latihan dan persiapan kejuaran menjadi salah satu yang membuat tidak terlibatnya Evan Dimas Cs itu.


"Sebetulnya mau (ajak Timnas U-19), tapi kan para pemain juga harus ada latihan, ada persiapan Piala Asia bulan Oktober nanti malah nggak kalah lagi," pungkasnya.


'Garuda 19: Semangat Membatu' diperankan oleh perpaduan aktor senior dan junior. Sebut saja, Mathias Muchus, Ibnu Jamil, Mandala Shoji, Reza Aditya, dan Verdi Solaiman. Ada juga Rendy Ahmad, Gazza Zubizareta, Yusuf Mahardhika, Bilqis Utari dan Amanda Ayunda.


(hap/nu2)