Mengintip Trailer Film 'Biji Kopi Indonesia (Aroma of Heaven)'

Jakarta - Anda pecinta kopi? Jika iya, maka Anda tak boleh melewatkan film 'Biji Kopi Indonesia' (Aroma of Heaven). Film dokumenter ini tak sekadar menggambarkan asal-usul kompleksitas cita rasa kopi atau minum kopi sebagai trend masa kini.

Berbekal rasa keingintahuan mendalam, sutradara Budi Kurniawan membawa sedikit kru untuk mendokumentasikan perjalanan polemik kopi Indonesia yang memiliki sejarah lebih dari 300 tahun, sejak pertama kali di tumbuh kembangkan di Indonesia. Film ini mulai dikompilasi sejak 2011 lalu.


Tim produksi menggali sumber sejarah baik lokal maupun internasional, hingga pertemuan dengan berbagai ahli serta petani kopi tradisional. Budi juga mencari informasi terkait ke berbagai dunia ilmu pengetahuan, filsafat, akademisi, antropologi, bisnis dan pertanian.


'Biji Kopi Indonesia (Aroma of Heaven)' membawa penonton ke tempat-tempat yang belum pernah terekspos sebelumnya, dan bahkan menyajikan fenomena familiar dengan cara yang sama sekali berbeda. Bahwa tradisi, budaya, seni, iman serta keyakinan adat memberikan kontribusi terhadap catatan alur sejarah kopi Indonesia.


Film diklaim akan memberikan lebih dari sekedar gambaran asal-usul kompleksitas cita rasa kopi, atau tren dan gaya hidup meminum kopi masa kini. Biji Kopi Indonesia adalah sebuah film dokumenter yang menimbulkan pertanyaan provokatif: seberapa dekat kita mengenal kopi yang kita konsumsi setiap hari?


(ich/ron)