Di Meksiko, Mural Dibuat Setinggi Lima Sentimeter

Jakarta - Mural biasanya dibuat seukuran bangunan, maupun dalam skala besar. Namun bagaimana jika mural dibuat mini, hanya setinggi lima sentimeter?

Ya, dalam pameran tunggalnya bertajuk 'Even Less' di Meksiko, seorang seniman visual Pablo Delgado memamerkan belasan karya mural berukuran kecil. Ia dikenal sebagai seniman asbtrak dan membuat objek dalam komposisi karyanya beraliran surealis.


"Saya memamerkannya di galeri bukan dalam arti seutuhnya. Tapi di pinggir-pinggir jalanan, tempat warga lalu lalang," ujarnya seperti dimuat dalam situs Howard Griffin Gallery, Jumat (30/5/2014).


Dalam proses penelitiannya, Delgado meneliti ruang yang hadir dalam bentuk negatif dan positif. "Objeknya tidak sekedar hadir atau ada dalam mural saya," ungkapnya.


Sepanjang pameran karyanya, Delgado menggambar ulang dan membuatnya dengan halus sehingga menciptakan narasi baru. Serta lapisan makna yang mengungkapkan diri lebih dekat. Obyek dan karakternya saling berkaitan namun berasal dari sumber berbeda.


Untuk menarik perhatian dan minat warga sekitar yang lalu lalang di muralnya, ia pun menciptakan warna yang atraktif dan ngejreng. "Ada pesan yang kuat di simbol visual yang saya buat," katanya.


Ke depannya, setelah pameran mural ukuran mini di jalanan Meksiko, ia mengatakan akan segera berpameran di London. Konseptualnya akan sama seperti yang sekarang.


"Ini sebagai pameran percobaan mural mini buatan saya. Rencananya akan diadakan lagi di jalanan London," ujar Delgado. Pameran ini dilaksanakan hingga 8 Juni 2014 mendatang.


(tia/ron)