Gedung Balai Resital Kertanegara Diresmikan

Jakarta - Setelah 23 tahun berkecimpung dalam musik klasik Indonesia, konduktor Avip Priatna membangun gedung Balai Resital Kertanegara di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Minggu lalu (25/5/2014), bangunan tersebut dibuka bersamaan dengan konser berjudul 'The Resonanz May Music Festival'.

Konser ini dibawakan oleh musisi berkualitas seperti Jakarta Concert Orchestra, Batavia Madrigal Singers, The Resonanz Children Choir, Aning Katamsi (sopran), Heny Janawati (mezzo sopran), Pharel Silaban (tenor), dan Nino Ario Wijaya (klarinet).


Gedung pertunjukkan musik yang berlokasi di Jalan Kertanegara nomor 28 ini dibuka oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar. "Tempat ini tak hanya menjadi aset kota tapi pusat musik klasik di Indonesia," ujarnya saat peresmian.


Sapta berharap agar tempat ini juga menjadi tren musisi muda terhadap musik klasik untuk berkarya secara konsisten. Serta berlatih di sini. "Semoga mereka bisa berprestasi seperti para senior-seniornya di tingkat dunia," katanya.


Avip menjelaskan jika Balai Resital Kertanegara ini dibangun dengan luas 264 meter persegi, dengan spesifikasi akustik ruang menggunakan panel diffuser di beberapa bagian. Selain itu, juga dilengkapi dengan kapasitas 300 kursi, piano Grand Concert (9 feet - 276 sentimeter), multimedia, lighting, ruang tunggu artis yang dilengkapi

dengan piano Baby Grand, ruang latihan artis dan kantin.


Salah satu keunggulan lainnya adalah, ia merancang balai resital ini dengan kualitas akustiknya yang ideal bagi pentas musik klasik. Setelah pembukaan, Balai Resital Kertanegara dan ruang kelas akan dikelola langsung oleh The Resonanz dan boleh disewakan untuk umum.


Penikmat musik klasik sekaligus Guru Besar Universitas Indonesia, Toeti Heraty Roosseno juga hadir dalam peresmian. "Saya sangat terkesan dengan tempat yang indah ini dan berkualitas bagi pentas musik klasik," katanya.


(tia/ich)