Ini Bukan Mainan, Ini Seni!

Jakarta - Kapan ya, kita bisa melihat mainan-mainan dipajang di ruang museum. Diberikan perhatian dan perlakuan yang sama dengan lukisan maupun patung yang harganya selangit itu.

Mungkin ini sedikit berlebihan, tapi kabar baiknya hal ini baru saja menjadi kenyataan, berkat diadakannya sebuah pameran penggalangan dana dari Kickstarter di Design Exchange, Kanada.


Karya yang ada di pameran ini adalah hasil eksplorasi ruang antar benda, deskripsi dan presentasi artistik dari sebuah benda. Ini juga sekaligus menantang para seniman untuk membuat berbagai objek yang bisa masuk dalam kategori seni dengan presentasi yang sesuai.


Dengan konsep ini, pameran berjudul 'This Is Not A Toy' memainkan batas antara objek estetik dengan objek konsumer, dan coba melihat bagaimana kemampuan tembok putih dan label museum ikut membuat batasan tersebut jadi buram.


Ini membuat beberapa mainan seni ini tak perlu berada di ruang museum untuk mendapat kualifikasi sebagai seni.


Seniman yang tergabung dalam pameran kolektif ini antara lain, KAWS, Murakami, Yoshitomo Nara dan FriendsWithYou.


"Ini adalah mainan yang terletak di antara seni dan produk, mainan yang tidak dimaksudkan untuk dimainkan," ujar John Wee, asisten kurator pameran ini, dilansir dari Huffington Post (18/12/2013).


"Pamerannya sendiri dirancang seperti dunia khayal," ujar kurator Sara Nickleson. "Akan ada patung yang sangat besar, atau karya yang berukuran seperti aslinya dan sebuah proyeksi video." Pameran ini akan berlangsung hingga 26 Desember 2013.


(ass/utw)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!