Agus Kuncoro Bangga Film 'Sang Kiai' Dikirim ke Oscar

Jakarta - Ajang Academy Awards yang memperebutkan Piala Oscar akan melakukan pengumuman nominasi pada 16 Januari mendatang. Dari salah satu kategori di penghargaan paling bergengsi di film dunia itu, Indonesia mengirimkan 'Sang Kiai' sebagai wakil.

Film arahan sutradara Rako Prijanto itu merupakan salah satu dari 76 film lainnya yang akan memperebutkan tempat nominasi di kategori 'Best Foreign Film'. Dengan menjadi wakil saja, hal itu sudah membanggakan bagi kedua pemainnya.


"Menyenangkan ya. Kalau untuk menangnya nanti aja, masuk nominasi aja udah wow," kata Agus Kuncoro yang berperan sebagai anak dari tokoh KH Hasyim Asyari.


Senada dengan Agus, Ikranegara sang pemeran utama juga bangga bisa menjadi bagian dari produksi film ini. Awalnya, Ikra takut salah membawakan tokoh besar KH Hasyim Asyari.


"Akhirnya dikasih ketemu sama keturunannya dan ngobrol sama yang tahu. Dari sana kita jadi lebih tahu, tapi pas jadi juga kita tetap khawatir sesuai apa nggak," ucap Ikra yang kini berusia 70 tahun itu.


'Sang Kiai yang merupakan produksi Rapi Films itu juga berhasil menjadi Film Terbaik FFI 2013 yang digelar di Semarang awal Desember lalu. Dengan demikian, film ini memiliki kesempatan untuk diputar lagi di bioskop pada Januari mendatang.


Ini merupakan salah satu bentuk dukungan bagi kemajuan film Indonesia. Agus Kuncoro juga berharap agar generasi muda juga mau mengenal tokoh yang berjasa pada Indonesia seperti KH Hasyim Asyari.


"Generasi kita lebih kenal (Abraham) Lincoln, Che Guvara daripada kenal pahlawan kita sendiri karena itu kita butuh mengenalkan lagi," serunya.


(dar/ich)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!