Rizal Mantovani Sutradarai Film Anak 'Electric B-Boy'

Jakarta - Sutradara Rizal Mantovani saat ini sedang membuat film anak dengan mengangkat tema bullying. Nantinya, film pendek berjudul 'Electric B-Boy' itu akan tergabung dengan film lainnya dalam omnibus 'Princess, Bajak Laut, dan Alien'.

Film ini menceritakan kehidupan anak bernama Mikal yang diperankan bintang baru Virriya Ricci. Selama tinggal di rusun, anak berusia enam tahun itu kerap mendapat tindak kekerasan dari sekelompok remaja di lingkungannya.


Dalam cerita tersebut, Mikal tinggal bersama ibunya, Elly yang diperankan Endah Muliany yang berprofesi sebagai penjahit. Selama mendapatkan kekerasan, Mikal tidak menceritakan peristiwa itu kepada ibunya. Dia berusaha meluapkan emosinya melalui dance atau yang saat ini disebut b-boy.


"Suatu hari Mikal bertemu dengan sekelompok orang yang kerap menganggunya itu juga beraksi dance di suatu acara di pensi. Karena takut dia langsung pulang," terang ujar Rizal dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Selasa (5/3/2013).


Melihat gelagat tersebut, Igor Saykoji yang juga ikut berakting di film ini berusaha meyakinkan Mikal untuk tidak perlu takut. Akhirnya pertarungan melalui adu breakdance pun dilakukan kedua pihak.


"Dalam kompetisi tersebut, kelompok yang sering melakukan bullying kalah dan mengaku kehebatan Mikal," tambahnya.


Aktor utama yang dipilih Rizal memang tidak memiliki pengalaman akting. Namun, Virriya Ricci sudah akrab dengan dunia breakdance. Awalnya, sutradara kelahiran Jakarta 12 Agustus 1967 itu sempat ragu saat diminta membuat film bertema anak.


Tapi karena ditampilkan dengan konsep omnibus, Rizal akhirnya menyanggupi. "Kalau film panjang saya nggak berani, bukan karena ceritanya, tetapi untuk mengarahakan anak-anak itu sangat berbeda dengan pria dewasa," ujar sutradara yang kerap mengerjakan film horor itu.


Dalam film 'Princess, Bajak Laut, dan Alien', karya Rizal akan dikolaborasikan dengan film pendek lainnya arahan sutradara Upi, Alfani Wiryawan, dan Eko Kristianto.


(ich/mmu)