Putrama Tuta: NOAH itu Bukan Motley Crue!

Jakarta - Salah satu yang menjadi sorotan masyarakat dari film NOAH 'Awal Semula' adalah banyaknya adegan merokok. Sang sutradara Putratama Tuta pun menjawab dengan tangkas keberatan tersebut.

"Sejujurnya, saya tidak pernah mikirin, yang penting gambar itu men-support ceritanya. Kita ingin memberikan gambar yang jujur. Nanti malah jadinya fake, saya tidak ingin memberikan cerita yang fake," ujar Putrama Tuta saat jumpa pers di Kantor Musica Stuido, Pancoran, Kamis (14/11/2013).


Hujan kritik memang langsung mendera film tersebut pada hari pertama pemutarannya kemarin. Maklum, para penggemar NOAH yang bahkan mulai dari umur 8 tahun memang sangat menantikan film tersebut. Faktanya, film semi-dokumenter ini mendapatkan rating untuk semua umur (SU).


Merokok di pesawat, merokok di mobil, merokok di kamar hotel, merokok saat interview, menghiasi sepanjang film ini.


"Saya menjawab bahwa dengan kondisi apapun yang sudah saya maksimalkan saya buat sangat jujur. Itu kenapa teman-teman NOAH banyak yang nggak tahu materi-materi itu difilmkan," sambungnya lagi.


Namun ada satu pertanyaan yang membuat sutradara dan para personel NOAH tergelitik. Apakah sebenarnya sang sutradara bermain terlalu aman? Sehingga hasilnya terasa masih begitu 'mentah'?


"Mereka ini bukan Motley Crue! Masalah ngerokok aja barusan jadi pertanyaan kan? Kita ini hidup di Indonesia," sergah Tuta dengan nada diplomatis sekaligus retoris.


"Bahkan percaya nggak percaya, mereka adalah pekerja yang sangat disiplin. Bukan seperti band-band dengan gaya hidup ala rock n' roll-nya atau bisa jadi masa itu sudah lewat beberapa tahun lalu," tambahnya.


NOAH sendiri menanggapi santai banyaknya kritik atas film pertama mereka.


"Kalau dari kacamata kita memang nggak semanis yang kita rasain. Tapi masalahnya kita nggak mau ada rekonstruksi kondisi. Kita nggak mau syuting lagi. Dan kalau mau yang lengkap itu ya ada di buku," ujar Ariel.


(hap/mmu)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!